Advertisement

Peluang Salah Raih Ballon d'Or Menipis Gara-Gara Mesir

Hanifah Kusumastuti
Senin, 08 Juli 2019 - 17:42 WIB
Budi Cahyana
Peluang Salah Raih Ballon d'Or Menipis Gara-Gara Mesir Mohamed Salah - Reuters/Amr Abdallah Dalsh

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Tersingkirnya Mesir dari Piala Afrika 2019 setelah disingkirkan Afrika Selatan dengan skor 0-1 pada 16 besar Cairo International Stadium, Kairo, Minggu (7/7/2019) dini hari WIB berpengaruh besar terhadap Mohamed Salah.

Mesir yang berstatus tuan rumah, digadang-gadang menuntaskan turnamen ini sebagai juara. Namun, The Pharaoh malah tersungkur di permulaan fase gugur.

Advertisement

Gawang Mesir dibobol gol semata wayang dalam pertandingan ini yang dicetak pemain Afrika Selatan, Thembinkosi Lorch. Padahal, pertandingan tinggal tersisa lima menit.

Kegagalan Salah membawa Mesir menuntaskan Piala Afrika sebagai juara pun membuat peluangnya meraih Ballon d'Or 2019 sangat tipis. Salah sebelumnya disebut-sebut bakal bersaing dengan rekan setimnya di Liverpool, Virgil van Dijk, untuk meraih gelar individu paling prestisius di dunia tersebut. Maklum, Salah dan Van Dijk menjadi bagian skuat penting Liverpool menjuarai Liga Champions 2018/2019.

Selain Salah dan Van Dijk, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo juga diperhitung. Hanya, Messi juga gagal membawa negaranya, Argentina, menuntaskan Copa America 2019 sebagai juara. Sedangkan Ronaldo memiliki peruntungan lebih baik di level tim nasional dengan membawa Portugal menjuarai Liga Nations 2019.

Pelatih Mesir, Javier Aguirre, merasa bertanggung jawab atas kegagalan Mesir mengakhiri paceklik gelar Piala Afrika selama 33 tahun. "Laga berlangsung terbuka dan ada banyak peluang, satu-satunya yang jadi pembeda Afrika Selatan mencetak gol yang membuat mereka lolos. Saya tanggung jawab atas kekalahan ini," jelas Aguirre, seperti dilansir egypttoday.com.

Aguirre akhirnya dipecat dari pekerjaannya setelah Mesir tersingkir dari babak 16 besar. Sementara Presiden Federasi Sepak Bola Mesir (EFA), Hany Abou-Rida, mundur dari jabatannya.

Di sisi lain, tersingkirnya Mesir secara prematur dari Piala Afrika membuat Liverpool gembira. Itu berarti Mohamed Salah bisa kembali secepatnya dari pemulihan untuk bergabung dengan tim asal Merseyside ini mempersiapkan musim depan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Olimpiade Paris 2024, Obor Api Dimulai Dinyalakan dari Reruntuhan Kuil Hera di Yunani

Olahraga
| Senin, 15 April 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement