Advertisement

Kalahkan Belanda di Final, Amerika Serikat Juara Piala Dunia Putri 2019

Andhika Anggoro Wening
Senin, 08 Juli 2019 - 00:57 WIB
Budi Cahyana
Kalahkan Belanda di Final, Amerika Serikat Juara Piala Dunia Putri 2019 Sejumlah pemain Timnas Putri Amerika Serikat merayakan keberhasilan memenangi Piala Dunia 2019. - Reuters/Lucy Nicholson

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Amerika Serikat berhasil menjadi juara Piala Dunia Putri 2019 setelah mengalahkan Belanda dengan skor 2-0 pada partai final di Stadion Groupama, Lyon, Prancis, Minggu (7/7/2019) malam WIB.

Gol Amerika Serikat diciptakan kapten Megan Rapinoe di menit 61 dan Rose Lavelle di menit 69. Rapinoe baru kembali mengemban ban kapten AS setelah sempat absen dalam semifinal kontra Inggris gara-gara cedera hamstring.

Advertisement

Perubahan lainnya di kubu AS adalah Samantha Mewis didorong ke sektor tengah permainan untuk memberikan jalan kepada Lindsey Horan.

Martens dinyatakan bugar untuk kembali merumput bagi Belanda setelah pemain sayap Barcelona itu sempat ditarik pada babak pertama semifinal kontra Swedia.

Lini belakang Belanda juga mengalami perubahan, dengan masuknya Anouk Dekker menggantikan Merel van Dongen yang dibangkucadangkan.

Kendati demikian, pertandingan babak pertama masih berjalan nirgol dan peluang berarti hanya dimiliki oleh AS pada menit ke-38 yang memaksa kiper Sari van Veenendaal melakukan dua penyelamatan beruntun atas tembakan Mewis dan Alex Morgan.

Masuk di babak kedua, Amerika berhasil mencuri gol setelah Van de Gragt melakukan pelanggaran di kotak penalti sehingga wasit Stephanie Frappart  yang sudah melihat VAR menunjuk titik putih. Rapinoe yang maju sebagai algojo dengan dingin mengksekusi tendangan penalti.

Amerika Serikat akhirnya bisa mengunci kemenangan ini setelah Rose Lavelle mencetak gol lewat aksi solo run dari tengah lapangan yang diakhiri sepakak kaki keras ke sudut gawang. Skor 2-0 bertahan untuk kemenangan Amerika Serikat.

Dengan kemenangan ini AS mempertahankan status sebagai juara bertahan setelah pada edisi 2015 mereka sukses menaklukkan Jepang dengan skor 5-2. Sebelumnya, AS juga sudah pernah menjadi juara di Piala Dunia di tahun 1991 dan 1999.

Susunan pemain Amerika Serikat vs Belanda: 

Amerika Serikat (4-3-3): Alyssa Naeher; Kelley O’Hara, Abby Dahlkemper, Becky Sauerbrunn, Crystal Dunn; Rose Lavelle, Julie Ertz, Samantha Mewis; Tobin Heath, Alex Morgan, Megan Rapinoe
Pelatih: Jill Ellis

Belanda (4-3-3): Sari van Veenendaal; Desiree van Lunteren, Stefanie van der Gragt, Dominique Bloodworth, Anouk Dekker; Jackie Groenen, Sherida Spitse, Danielle van de Donk; Lineth Beerensteyn, Vivianne Miedema, Lieke Martens
Pelatih: Sarina Glotzbach-Wiegman

Wasit: Stephanie Frappart (Prancis)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

MotoGP Portugal 2024: Bagnaia Buka Suara Terkait Insidennya dengan Marc Marquez

Olahraga
| Senin, 25 Maret 2024, 09:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement