Advertisement

Sukses Adaptasi dengan Perubahan Taktik, PSS Bungkam Kalteng Putra

Budi Cahyana
Minggu, 07 Juli 2019 - 20:47 WIB
Budi Cahyana
Sukses Adaptasi dengan Perubahan Taktik, PSS Bungkam Kalteng Putra Brian Ferreira menjaga bola dari tekanan penyerang Kalteng Putra Ferinando Pahabol - Harian Jogja/Jumali

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—PSS Sleman berhasil menyesuaikan diri dengan perubahan taktik dan mempertahankan keunggulan atas Kalteng Putra di pertandingan pekan ketujuh Liga 1 2019 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Minggu (7/7/2019) malam. Super Elang Jawa menang 2-0 atas Laskar Isen Mulang.

PSS unggul berkat brace Haris Tuharea di menit ke-25 dan 44. Di babak kedua, anak asuh Seto Nurdiyantoro bisa meredam gelombang serangan Kalteng Putra dengan baik. Empat pemain menjadi aktor utama kemenangan PSS kali ini, yakni Haris Tuharea, Brian Ferrira, Purwaka Yudi, dan Try Hamdani.

Advertisement

Tiga nama pertama membawa PSS unggul di babak pertama, sedangkan dua nama terakhir mempertahankan keunggulan PSS di babak kedua. Haris mencetak gol di menit ke-25 setelah menyambar bola muntah Brian Ferreira. Haris kemudian menggandakan keunggulan setelah memanfaatkan asis Purwaka Yudi di menit ke-44.

Setelah turun minum, Kalteng Putra total menyerang. Jika di babak pertama mereka hanya melepaskan dua tembakan ke gawang PSS, di babak kedua mereka melepaskan enam tembakan ke gawang PSS, tiga di antaranya tepat sasaran. Kiper Try Hamdani berperan besar menggagalkan gelombang serangan Laskar Isen Mulang dengan menepis tembakan salto Diogo Campos di menit ke-90. Sementara, Purwaka Yudi yang baru pulih dari cedera bisa menggalang lini belakang PSS dengan solid.

Seto Nurdiyantoro juga tanggap dengan perubahan permainan Kalteng Putra. Di menit ke-68, dia menarik Brian Ferreira dan memasukkan pemain Brasil yang belum pernah tampil lantaran dibekap cedera, Batata. Perubahan susunan pemain ini sekaligus mengubah skema PSS dari semula hanya memainkan satu gelandang bertahan menjadi dua gelandang bertahan.

Batata menjadi tandem Wahyu Sukarta  di depan barisan pertahanan. Serangan PSS memang tak lagi intens, tetapi tambahan tenaga di lini tengah bisa melapis pertahanan PSS menjadi lebih solid.

Dengan hasil ini, PSS untuk kali pertama mencatat cleansheet. Dalam lima laga sebelumnya, PSS selalu kebobolan. PSS kini berada di peringkat ketujuh dengan nilai sembilan, melewati Kalteng Putra yang mengoleksi nilai delapan dan kini duduk di anak tangga kedelapan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Olimpiade Paris 2024, Obor Api Dimulai Dinyalakan dari Reruntuhan Kuil Hera di Yunani

Olahraga
| Senin, 15 April 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement