Preview Kalteng Putra vs PSS Sleman : Duel Dua Tim Promosi

Para pemain PSS Sleman menjalani latihan di Lapangan Bercak, Berbah, Selasa (26/2/2019) sore. - Harian Jogja/Jumali
06 Juli 2019 20:37 WIB Jumali Sepakbola Share :

Harianjogja.com, SLEMAN - Laga seru akan tersaji di pekan ketujuh Liga 1 2019 saat dua tim promosi bertemu, Kalteng Putra berhadapan dengan PSS Sleman di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Minggu (7/7/2019) petang.

Kalteng mengusung misi meraih poin penuh sekaligus membalaskan dendam mereka atas yang mengalahkannya musim lalu di semifinal Liga 2. Di sisi lain, Kalteng yang kini menempati peringkat keenam dengan 8 poin, tentu mengincar tiga poin demi menjaga peluang mereka naik ke peringkat ke-5 dan menggeser Persebaya.

Sebaliknya, pada laga yang digelar di Stadion Maguwoharjo, kali ini PSS Sleman tidak ingin begitu saja menyerah dari Kalteng Putra. Menempati peringkat ke-11 dengan 6 poin, kemenangan dari Kalteng akan membuat PSS Sleman berpeluang naik ke peringkat keenam. Selain itu, raihan tiga angka dari Kalteng Putra akan menjadi kado tersendiri bagi pecinta PSS Sleman, mengingat mereka bermain di hadapan publik sendiri.

Kemenangan dari Laskar Isen Mulang tidak hanya akan memperpanjang catatan mereka, tetapi juga menjadi pembuktian jika PSS Sleman mampu meraih kemenangan di luar kandang. Meski berstatus laga away, Stadion Maguwoharjo selama ini dinilai masih angker bagi lawan-lawan PSS Sleman. Tidak ada satupun kekalahan dirasakan PSS Sleman di stadion berkapasitas 30.000 penonton ini. Alhasil, kondisi ini sedikit menyulitkan Kalteng Putra.

Namun, Kalteng Putra bukanlah tim yang jago kandang. Terbukti meski dua kali gagal meraih poin penuh di laga kandang, anak asuh Gomes de Oliviera ini justru mampu meraih dua kali kemenangan di luar kandang. Hal inilah pula yang membuat PSS Sleman harus bekerja ekstra keras meredam serangan dari barisan lini depan Kalteng Putra.

"Ada untungnya karena kita main di Stadion Maguwoharjo, itu saja sih sebenarnya. Ternyata Kalteng main away bagus mainnya. Ini bahaya kan, gitu. Kalteng dua kali di kandang dua kali gagal menang, dan dua kali menang di away,” kata Seto.

Sebaliknya, dari segi persiapan tim, pelatih asal Kalasan ini menambahkan, singkatnya jarak antarpertandingan, membuat PSS Sleman tidak memiliki waktu banyak untuk melakukan perbaikan. Padahal dari evaluasi sementara dari laga melawan Persija, persoalan penyelesaian akhir masih menjadi kendala di tubuh PSS Sleman. " Meski hanya punya persiapan yang sangat singkat ini. Kami juga harus memikirkan recovery pemain dan strategi,” terang Seto.

Sementara pelatih Kalteng Putra Gomes de Oliviera mengatakan, sejumlah perbaikan telah dilakukannya terhadap tim, salah satunya adalah antisipasi bola mati, yang selama ini dinilai masih lemah. Oleh karena itu, pelatih asal Brasil ini meminta kepada anak asuhnya untuk fokus dan memenangkan pertandingan.

"Ini adalah pertandingan kandang kami. Kami ingin meraih kemenangan," ucap mantan pelatih Madura United ini.

Head to Head Kalteng Putra vs PSS Sleman

PSS Sleman 2-0 Kalteng putra (28/11/18)

Kalteng Putra 0-0 PSS Sleman (25/11/18)

PSS Sleman 1-0 Kalteng Putra (25/09/18)

Kalteng Putra 1-0 PSS Sleman (10/07/18)

5 Pertandingan Terakhir Kalteng Putra

Kalteng Putra 0-1 Borneo FC (03/07/19)

Kalteng Putra 2-2 Bali United (26/06/19)

Barito Putera 1-2 Kalteng Putra (22/06/19)

Kalteng Putra 0-1 Perseru Badak Lampung (28/05/19)

Persebaya Surabaya 1-1 Kalteng Putra (21/05/19)

5 Pertandingan Terakhir PSS Sleman

Persija Jakarta 1-0 PSS Sleman (03/07/19)

PSS Sleman 1-1 Bhayangkara FC (21/06/19)

Persipura Jayapura 1-1 PSS Sleman (31/05/19)

PSS Sleman 1-1 Semen Padang (25/05/19)

PSS Sleman 3-1 Arema FC (15/05/19)

Prakiraan Pemain

Kalteng Putra

Pelatih Gomes de Oliviera

(4-3-3)

Kiper

Dimas Galih

Belakang

Wasyiat Hasbullah

OK John

Bonfim

Maldini Pali

Tengah

Dadang Apridianto

Yoo Hyun-Goo

Rizky Dwi Febrianto

Depan

Elthon Maran

Diogo Campos

Y Pahabol

PSS Sleman

Pelatih Seto Nurdiyantoro

(4-2-3-1)

Kiper

Ega Rizky

Belakang

Bagus Nirwanto

Alfonso De la Cruz

Asyraq Gufron

Derry Rachman

Tengah

Batata

Wahyu Sukarta

Rangga Muslim

Brian Ferreira

Haris Tuharea

Depan

Yevhen Bokhashvili