Sudah Pindah ke Barcelona, Frenkie de Jong Belajar Bahasa Spanyol Langsung Melalui Praktik

Frenkie de Jong - Reuters/Albert Gea
05 Juli 2019 17:32 WIB Budi Cahyana Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Frenkie de Jong sudah resmi menjadi pemain Barcelona. Gelandang 22 tahun ini segera belajar bahasa Spanyol untuk memudahkannya beradaptasi dengan lingkungan sekitar dan bersosialisasi dengan rekan-rekan setimnya.

De Jong dibeli Barcelona dari Ajax Amsterdam dengan mahar 75 juta euro Januari lalu. Namun, dia baru hijrah mulai 1 Juli kemarin sesuai kesepakatan Blaugrana dengan De Godenzonen. De Jong mengaku mengambil kursus bahasa Spanyol sejak Januari. Tetapi, dia tak punya banyak waktu untuk mempelajarinya.

“Kami bermain tiap tiga hari sekali di Ajax sehingga saya tak punya banyak waktu untuk memikirkan tentang apa yang akan saya lakukan begitu pindah ke Barcelona. Saya sudah belajar bahasa Spanyol, tetapi belum cukup baik. Saya ikut 10 kursus bahasa Spanyol tetapi tak punya cukup waktu untuk mempelajarinya. Tetapi saya sudah mengetahui beberapa kata. Saya akan belajar dengan benar saat mempraktikkannya setiap hari,” ucap De Jong dalam presentasi perdananya sebagai pemain Barcelona di Camp Nou, dikutip Goal, Jumat (5/7/2019).

De Jong mengaku tak akan terbebani dengan banderol gelandang mahal yang melekat di pundaknya.

“Saya akan menikmatinya. Saya tidak akan tertekan dan itu tak akan mengubah perilaku saya. Di Barcelona maupun di Ajax, saya tetap Frenkie. Di dalam maupun luar lapangan.”