Advertisement

Preview Chile Vs Peru: Perang Pasifik Bumbu Pertandingan

Hanifah Kusumastuti
Rabu, 03 Juli 2019 - 23:57 WIB
Budi Cahyana
Preview Chile Vs Peru: Perang Pasifik Bumbu Pertandingan Peru - Reuters/Sergio Moraes

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Chile dan Peru memiliki sejarah persaingan panas karena latar belakang konflik politik pada abad ke-19.

Konflik yang dikenal dengan Perang Pasifik itu terjadi pada 1879-1883 dengan melibatkan Chile melawan Peru yang berkolaborasi dengan Bolivia. Dua kubu terlibat perebutan wilayah. Chile akhirnya memenangi perang dan menguasai sebagian teritorial Peru.

Advertisement

Meski perselisihan batas maritim sudah damai, konflik Perang Pasifik bisa jadi tetap memanaskan atmosfer pertarungan Chile versus Peru pada semifinal Copa America 2019 di Gremio Arena, Porto Alegre, Kamis (4/7) pukul 07.30 WIB. "Chile adalah rival kami dalam sejarah, itu akan memberi rivalitas ekstra," ujar bomber Chile, Paolo Guerrero, seperti dilansir globo.com, Selasa (2/7/2019).

Latar belakang konflik politik itu pernah terbukti menaikkan tensi laga Chile versus Peru pada Oktober 2015. Saat itu, pendukung Peru mengucap boo ketika lagu kebangsaan Chile dinyanyikan sebelum pertandingan Kualifikasi Piala Dunia di Lima, Ibu Kota Peru. Meski begitu, Chile mampu mengatasi tekanan dan memenangi pertandingan dengan skor ketat 4-3.

Para pemain Chile lantas meninggalkan coretan di ruang ganti stadion sebelum kembali pulang ke negara mereka. "Hormatilah! [lorong] ini pernah dilewati juara [Copa] America," begitulah bunyi coretan di dinding tersebut.

Kendati begitu, pelatih kedua tim, Ricardo Gareca (pelatih Peru) dan Reinaldo Rueda (pelatih Chile) sepakat untuk tidak membawa-bawa konflik politik pada duel nanti. Mereka hanya murni membicarakan sepak bola saat jumpa pers sebelum laga. "Peru adalah tim kuat. Terlepas dari hasil dan kesulitan [pada laga sebelumnya pada Copa America 2019], kami tim kuat," ujar Gareca.

Rueda tak kalah percaya diri dengan skuatnya. "Saya harap kami punya peluang sebisa mungkin ke tahap lebih baik, yakni ke final seperti yang kami inginkan untuk menegaskan status sepak bola Chile," lanjut Rueda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Olimpiade Paris 2024, Obor Api Dimulai Dinyalakan dari Reruntuhan Kuil Hera di Yunani

Olahraga
| Senin, 15 April 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement