Ini Dia Tim yang Lolos babak 16 Besar Piala Afrika 2019

Penyerang Timnas Ghana Jordan Ayew selepas menjebhol gawang Guinea-Bissau. - Reuters/Suhaib Salem
03 Juli 2019 11:47 WIB M. Syahran W. Lubis Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA--Dalam penyelenggaraan Piala Afrika 2019 di Mesir, Ghana, Kamerun, dan Benin mewakili Grup F maju ke 16 besar. Sementara Mali dan Tunisia mewakili Grup E ke fase knock out perhelatan antarnegara anggota Konfederasi Sepak Bola Afrika (CAF) tersebut.

Dalam pertandingan Grup F pada Rabu (3/7/2019) dini hari WIB, juara bertahan Kamerun dipaksa imbang tanpa gol oleh Benin, negara yang di pentas sepak bhola Afrika selama ini praktis hanya tim “kelas dua”.

Di pertandingan lain di Grup F, Ghana menaklukkan Guinea-Bissau dengan skor 2 - 0 berkat gol-gol Jordan Ayew (46’) dan Thomas Teye Partey (72’), keduanya dengan memaksimalkan assist Abdul Baba Rahman.

Dengan hasil dua pertandingan tersebut, Ghana dan Kamerun dengan nilai masing-masing lima mengisi dua slot teratas klasemen akhir, dan bersama Benin yang merupakan salah satu dari empat peringkat ketiga terbaik dari enam gruo, dengan nilai empat, lolos ke 16 besar.

Sementara itu, Guinea Bissau yang memiliki nilai satu hasil seri tanpa gol versus Benin dalam pertandingan matchday kedua, tersingkir.

Di Grup E, Mali menundukkan Angola 1-0 berkat gol semata wayang Amadou Haidara, gelandang yang seharihari bermain untuk klub Bundesliga Jerman Hertha Berlin, pada menit ke-37.

Di laga lain Grup E, Tunisia bermain seri 0 - 0 versus Mauritania. Dengan hasil dua pertandingan itu, Mali finis sebagai juara grup dengan nilai 7, diikuti Tunisia runner up 3, keduanya lolos ke 16 besar, sedangkan peringkat ketiga Angola dan keempat Mauritania, masing-masing dengan nilai dua, tersingkir.

Dengan demikian, seluruh pertandingan fase grup telah selesai. Putaran final Piala Afrika 2019 melibatkan 24 tim byang dibagi menjadi enam grup.

Juara dan runner up setiap grup lolos ke 16 besar, dilengkapi dengan empat tim peringkat ketiga terbaik dari enam grup.

Tim-tim yang lolos ke 16 besar selengkapnya ialah Mesir, Uganda, Republik Demokratik Kongo (Grup A), Madagaskar, Nigeria, Guinea (B), Aljazair, Senegal (C), Maroko, Pantai Gading, Afrika Selatan (D), Mali, Tunisia (E), serta Ghana, Kamerun, Benin (F).

Sumber : Reuters/Bisnis.com