Advertisement

Spanyol Juara Euro U-21, Fabian Ruiz Pemain Terbaik

Chrisna Chaniscara
Senin, 01 Juli 2019 - 23:47 WIB
Budi Cahyana
Spanyol Juara Euro U-21, Fabian Ruiz Pemain Terbaik Fabian Ruiz - Reuters/Alberto Lingria

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Gelandang Napoli, Fabian Ruiz, tampil gemilang bersama Spanyol pada Euro U-21 2019 di Polandia. Spanyol sukses menjadi juara dan Fabian Ruiz menjadi pemain terbaik turnamen.

Sebagai gelandang tengah, Ruiz dianugerahi tekel mumpuni dalam memotong serangan lawan sebelum menembus pertahanan. Di waktu yang sama, pemain 23 tahun itu punya kemampuan melepas umpan kunci sekaligus mencetak gol bagi Partenopei. Torehan tujuh gol dan empat assist musim lalu menjadi bukti keandalan Ruiz bukan isapan jempol.

Advertisement

Setelah berhasil menjadi suksesor Marek Hamsik di Partenopei, pemuda kelahiran Villafranca itu giliran membuktikan diri di Timnas Spanyol. Eks pemain Real Betis itu berhasil membawa La Furia Rojita menjuarai Piala Eropa U-21 dengan mengalahkan Jerman 2-1 di Friuli, Italia, Senin (1/7/2019) dini hari WIB. Ruiz bahkan mencetak gol di menit ketujuh mengantar Spanyol meraih gelar kelimanya di Piala Eropa U-21 2019.

Fabian Ruiz juga melepaskan tendangan keras sehingga bola tak mampu ditahan dengan sempurna oleh kiper Jerman Alexander Nuebel di menit ke-69. Bola muntah kemudian dicungkil Dani Olmo sehingga Spanyol unggul 2-0. Gol Jerman yang dicetak Nadiem Amiri di menit ke-81 pun hanya gol hiburan semata.

Sang gelandang pun ditetapkan sebagai pemain terbaik menyusul performa konsistennya sejak awal turnamen. Total dia mengemas dua gol dan dua assist di Piala Eropa U-21 edisi kali ini. “Saya senang sekali bisa memenangi penghargaan ini, tapi yang terpenting adalah gelar juara," ujar Ruiz seperti dilansir Sportskeeda, Senin.

Performa cemerlang eks pemain Real Betis itu kontan membuatnya banyak dilirik tim papan atas Eropa. Real Madrid bahkan disebut siap menggelontorkan dana 70 juta euro (Rp1,12 triliun) untuk memboyong sang gelandang. Ruiz dianggap sebagai opsi pas apabila Madrid gagal mendatangkan Paul Pogba.

Namun Napoli dan sang pemain kabarnya telah menolak rencana pembelian tersebut. Ruiz sendiri tampak nyaman di San Paolo. Di klubnya sekarang, dia memiliki Carlo Ancelotti, sosok pelatih yang menjadi inspirasinya untuk tampil lebih baik setiap waktu. “Dia memberikan saya kepercayaan diri, sesuatu yang penting dan sangat dibutuhkan untuk semua pemain dalam kariernya,” ujar Ruiz seusai laga final.

Enam tahun lalu, Spanyol juga menjuarai kompetisi dua tahunan ini dengan skuat macam David de Gea, Isco Alarcon dan Alvaro Morata. Menurut jurnalis The Guardian, Ben Fisher, generasi kali ini yang diperkuat Jesus Vallejo, Dani Ceballos, Fabian Ruiz hingga Carlos Soler lebih berkelas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Olimpiade Paris 2024, Obor Api Dimulai Dinyalakan dari Reruntuhan Kuil Hera di Yunani

Olahraga
| Senin, 15 April 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement