Ini Kunci Kemenangan Persik atas PSIM Menurut Pelatih Mereka

PSIM, bergembira di babak pertama dan menderita di babak kedua kala melawan Persik di Stadion Sultan Agung, Bantul, Senin (1/7/2019). - Harian Jogja/Jumali
01 Juli 2019 21:27 WIB Jumali & Budi Cahyana Sepakbola Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Pelatih Persik Kediri Budiarjo Thalib yakin kemenangan 2-1 atas PSIM di Stadion Sultan Agung, Bantul, Senin (1/7/2019) seore adalah buah dari keberhasilan mendominasi lini tengah.

Menurut Budiarjo, dia mengubah strategi di babak kedua dan hasilnya menggembirakan.

“Pada babak kedua kami patahkan lini tengah mereka. Kami juga kunci Cristian Gonzales sejak awal, dan kami sangat tahu jika mereka lemah dalam hal transisi dari menyerang ke bertahan, ini kami manfaatkan sehingga mendapatkan tiga poin di sini,” ucapnya seusai pertandingan.

Di babak pertama, PSIM mendominasi serangan dengan melepaskan empat percobaan tembakan berbanding satu percobaan tembakan yang dibuat Persik. PSIM pun unggul 1-0 saat turun minum berkat gol Rosi Noprihanis.

Namun, di babak kedua PSIM stagnan, tetap dengan gaya main umpan jauh. Sementara, Persik Kediri bisa memanfaatkan semua situasi untuk unggul. Gol penyama kedudukan persik dilesakkan Risna Prahala Benta dari luar kotak penalti pada menit ke-53. Sementara, gol kemenangan Persik yang dilesakkan Arif Yanggi di menit ke-83 lahir berkat keunggulan Septian Bagaskara dalam berduel dengan Fandy Edy. Bagaskara menyambut umpan lambung dari serangan balik dan meneruskannya ke Fandy Edy.

Hasil ini menjadi pelajaran penting untuk PSIM karena di pertandingan tersebut Laskar Mataram tak punya skema lain dalam menyerang selain umpan lambung dan memanfaatkan kepiawaian Cristian Gonzales dan Raphael Maitimo dalam berebut bola.