Madagaskar Lolos ke Babak 16 Piala Afrika

Suporter Madagaskar menyambut kemenangan tim nasional mereka atas Nigeria, salah satu tim favorit juara Piala Afrika 2019. - Reuters/Suhaib Salem
01 Juli 2019 09:47 WIB M. Syahran W. Lubis Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA--Madagaskar berhasil mengalahkan tim favorit Nigeria dengan skor 2 - 0 untuk tampil sebagai juara Grup B dan lolos ke babak 16 besar Piala Afrika 2019 di Mesir.

Sementara itu di Grup A, Uganda mendampingi Mesir lolos ke 16 besar meski di laga terakhir fase grup kalah 0 - 2 dari tuan rumah. Adapun, tim lain yang lolos hasil pertandingan pada Senin (1/7/2019) dini hari WIB adalah Guinea sebagai salah satu dari empat peringkat ketiga terbaik.

Dalam pertandingan Grup B di Alexandria, Madagaskar menundukkan Nigeria, yang sebelum laga dimulai telah memastikan diri ke 16 besar, berkat dua gol yang dilesakkan Lalaina Nomenjanahary (13’) dan Charles Carolus Andriamatsinoro (53’).

Hasil laga lain di Grup B, Guinea mengatasi Burundi dengan skor 2-0 dengan gol diborong Mohamed Lamine Yattara pada menit ke-25 dan 52.

Dengan hasil dua pertandingan itu, Madagaskar, yang baru kali ini masuk ke putaran final Piala Afrika, tampil sebagai juara Grup B dengan nilai 7, diikuti Nigeria 6, Guinea 4, dan Burundi 0.

Tiga tim teratas lolos ke 16 besar dengan Guinea paling tidak di posisi terakhir dari empat tim peringkat ketiga terbaik dari enam grup, menunggu klasemen grup-grup lainnya.

Dengan nilai 4, Guinea dipastikan memiliki nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan peringkat ketiga Grup A Republik Demokratik (RD) Kongo dengan nilai 3 dan peringkat ketiga Grup C walau masih menyisakan dua pertandingan dengan Senegal atau Kenya bakal finis di slot ketiga.

Di Grup A, Mesir menuntaskan fase grup dengan nilai sempurna 9 setelah menundukkan Uganda 2 - 0 di Kairo berkat gol ujung tombak Liverpool Mohamed Salah (36’) dan bek kanan Aston Villa Ahmed Eissa Elmohamady ketika babak pertama telah memasuki waktu tambahan atau injury time.

Di laga lain Grup A, RD Kongo menghantam Zimbabwe 4 - 0. Empat gol negara yang dahulu bernama Zaire dan beribu kota Kinshasa—berbeda dengan Republik Kongo yang beribu kota Brazzaville—dicetak Jonathan Bolingi (4’), Cedric Bakambu (34’ dan penalti 65’), serta Britt Curtis Assombalonga (78’).

Dengan hasil dua laga matchday ketiga tersebut, Mesir dengan nilai sempurna 9 finis di posisi teratas klasemen Grup A, diikuti Uganda 4, RD Kongo 3, dan Zimbabwe 1.

Mesir dan Uganda lolos ke 16 besar, sedangkan RD Kongo masih mungkin melaju dengan status sebagai salah satu empat peringkat ketiga terbaik, masih menantikan hasil pertandingan di Grup C, D, E, dan F.

Sumber : Reuters/bisnis.com