Australia Konfirmasi Rencana Menjadi Tuan Rumah Piala Dunia 2034 Bersama Indonesia

Trofi Piala Dunia - Reuters/Sergei Karpukhin
27 Juni 2019 23:37 WIB Budi Cahyana Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Australia mengonfirmasi keinginan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034 bersama Indonesia. Negeri Kanguru ingin menebus kegagalan dalam bidding pencalonan tuan rumah Piala Dunia 2022.

“Federasi Sepak Bola Australia [FFA] telah berdiskusi dengan Federasi Sepak Bola Indonesia [PSSI] tentang kemungkinan untuk bersama-sama mengajukan pencalonan sebagai tuan rumah Piala Dunia 2034,” demikian pernyataan FFA dilansir Reuters, Kamis (27/6/2019).

Kolaborasi Australia dan Indonesia untuk mencalonkan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia 2034 sudah didiskusikan pekan lalu dalam pertemuan AFF di Laos.

Pada pencalonan tuan rumah Piala Dunia 2022, Australia hanya memperoleh satu suara. Australia dan Indonesia menjadi negara Asia pertama yang mengajukan diri sebagai sahibulbait Piala Dunia setelah Qatar. Qatar menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022, mengalahkan Amerika Serikat, dalam pemungutan suara pada 2010.

Jika Australia dan Indonesia sukses menjadi sahibulbait, mereka akan menjadi duet tuan rumah setelah Jepang-Korea Selatan di Piala Dunia 2022 dan Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko di Piala Dunia 2026.

Sebelumnya, Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria menyatakan Indonesia akan mencalonkan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia 2034 bersama Australia. Indonesia sebelumnya menggandeng Thailand, tetapi Thailand mengundurkan diri.