MU Pecahkan Rekor Transfer demi Bek 21 Tahun

Aaron Wan Bissaka - Reuters/Peter Cziborra
27 Juni 2019 18:52 WIB Budi Cahyana & Hanifah Kusumatuti Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Manchester United memecahkan rekor transfer demi menggamit Aaron Wan-Bissaka, bek kanan 21 tahun dari Crystal Palace.

United mengeluarkan 50 juta paun (Rp898,04 miliar) untuk Wan-Bissaka. Ini merupakan transfer pemain Inggris termahal sepanjang sejarah. Sebagaimana dilaporkan Goal, Wan-Bissaka sudah lolos tes medis, Kamis (27/6/2019).

Pemain Timnas Inggris U-21 tersebut sebagai pemain termahal keempat dalam sejarah transfer United, di belakang Paul Pogba, Romelu Lukaku, dan Angel di Maria. Khusus untuk pemain Inggris, nilai transfer Wan-Bissaka memecahkan rekor 45 juta paun yang sebelumnya dipegang bek kanan Kyle Walker kala hijrah dari Tottenham Hotspur menuju Manchester City dua musim lalu.

Wan-Bissaka bakal merasakan keistimewaan dengan mengenakan kostum United. Jika sebelumnya dirinya hanya mendapat gaji 10.000 paun (Rp179,6 juta) per pekan bersama Crystal Palace, maka Wan-Bissaka akan mengalami lonjakan upah menjadi 80.000 paun (Rp1,4 miliar) per pekan alias delapan kali lipatnya!

Total dana 50 juta paun yang dikeluarkan United itu, terperinci 45 juta paun untuk harga awal dan 5 juta paun untuk alasan tertentu di kemudian hari.

United tidak jadi menutup 25 persen klausul pelepasan Wilfred Zaha dari Palace karena masuk dalam kesepakatan dalam pembelian Wan-Bissaka. Sebelumnya, ada desas-desus bahwa Zaha akan masuk paket negosiasi pembelian Wan-Bissaka.

Pemain jebolan tim junior Crystal Palace ini baru melakoni debut seniornya pada Februari 2018. Namun, dia langsung mencuri perhatian dan dinobatkan sebagai Pemain Terbaik oleh fans Palace pada musim lalu. Namun, Wan-Bissaka menyita perhatian karena melakukan error saat membela Timnas Inggris U-21 ketika dikalahkan Prancis U-21 pada Euro U-21 2019, musim panas ini.

Wan-Bissaka merupakan pemain kedua yang dibeli United pada bursa transfer musim panas ini. Sebelumnya, Setan Merah mendatangkan Daniel James dari Swansea City. Pelatih United, Ole Gunnar Solskjaer tampaknya lebih percaya dengan talenta lokal untuk merekstrukturisasi timnya musim depan.

Wan-Bissaka dan James sama-sama pemain kelahiran Inggris. Keduanya juga dalam usia potensial sebagai pesepak bola karena berada di angka 21 tahun. Nyatanya, United cukup kalem dalam bergerak di bursa transfer.

Hasil jeblok dengan finis di peringkat keenam klasemen Liga Premier musim lalu, tidak membuat klub asal Manchester ini panik dalam pembelian pemain. Kendati sederet nama-nama besar terus dihubungkan, United belum merealisasikan pembelian pemain yang berstatus “bintang”.