Mitra Kukar vs PSIM Jogja: Duel Pelatih Asing dan Tim Bertabur Bintang

Raphael Maitimo - Instagram PSIM Jogja Official
25 Juni 2019 17:37 WIB Jumali Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Mitra Kukar dan PSIM Jogja yang akan bertemu pada pekan kedua Grup Timur Liga 2 2019 di Stadion Aji Imbut, Tenggarong, Rabu (26/6/2019) sore adalah favorit juara Liga 2.

Naga Mekes maupun Laskar Mataram sama-sama punya pemain dengan kualitas bagus dan dibesut pelatih asing. Mitra Kukar, klub yang terdegradasi dari Liga 1, diperkuat Atep, mantan gelandang Persib Bandung, hingga gelandang Indonesia U-23, Luthfi Kamal. Adapun PSIM Jogja punya dua pemain naturalisasi, Raphael Maitimo dan Cristian Gonzales.

Di kursi kepelatihan, Vladimir Vujovic memulai debutnya sebagai Pelatih PSIM Jogja, sedangkan pelatih asal Spanyol Rafael Berges Merin menangani Mitra Kukar.

PSIM punya modal yang lebih baik menjelang pertemuan ini. Di pekan pertama, Laskar Mataram unggul 1-0 di kandang Persiba Balikpapan. Adapun Mitra Kukar ditahan imbang Persis Solo 0-0.

“Bagi saya, sedikit aneh melihat Mitra Kular di Liga 2, karena ketika saya pertama kali datang ke Indonesia pada 2014 mereka ada di Liga 1. Kami respek kepada skuat mereka dengan materi Liga 1. Namun, kami datang ke sini untuk bertarung dan saya berharap mendapat hasil positif,” kata Vlado, Selasa (25/6/2019).

Vlado meminta Cristian Gonzales dan kawan-kawan tetap fokus dan menjaga determinasi.

“Saya ingin pemain lebih fight, seperti yang saya bilang kami sudah sangat siap untuk pertandingan ini dan mau bekerja keras untuk mendapat hasil positif,” ucap Vlado.

Pelatih asal Montenegro ini mengisyaratkan rotasi, terutama terhadap sejumlah pemain yang telah mengantongi satu kartu kuning di pertandingan pertama melawan Persiba Balikpapan.

Setidaknya ada empat pemain Laskar Mataram yang mengantongi satu kartu kuning saat mengalahkan tim Beruang Madu, yakni Raymond Tauntu, Ichsan Pratama, Raphael Maitimo, dan I Putu Pager. Keempat pemain tersebut harus ekstra hati-hati karena jika terkena satu kartu kuning di laga melawan Mitra Kukar, mereka akan absen saat laga kandang menjamu Persik Kediri, Senin (1/7/2019).

“Mungkin ada rotasi satu hingga dua pemain. Namun akan kami lihat kondisi terakhir mereka,” ucap Vlado.

Mantan gelandang Mitra Kukar yang kini berkostum PSIM Jogja Raphael Maitimo menilai mantan klubnya sangat kuat.

“Saya pikir ini tim yang sangat kuat dan juga cukup bagus, tapi pelatih sudah bilang bahwa besok kami akan fight dan mudah-mudahan pulang dengan hasil yang bagus,” katanya.

“Masih ada rekan-rekan di tim Mitra Kukar waktu saya masih main di sana. Saya sudah bilang kami sangat hormat pada tim ini, dan ada beberapa pemain yang cukup bagus. Tetapi kami di sini untuk mendapat hasil bagus untuk PSIM Jogja,” ucap Maitimo.