Luis Enrique Mendadak Tinggalkan Kursi Pelatih Timnas Spanyol

Luis Enrique - Reuters/Carl Recine
19 Juni 2019 21:17 WIB Budi Cahyana Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Luis Enrique mundur dari jabatan Pelatih Timnas Spanyol karena alasan pribadi yang sangat serius.

Enrique menangani Spanyol sejak 9 Juli 2018, menggantikan Fernando Hierro yang menjadi pelatih dadakan Spanyol di Piala Dunia 2018. Dalam satu tahun terakhir, kursi kepelatihan Timnas Spanyol sangat panas. Julen Lopetegui dipecat beberapa hari sebelum Piala Dunia 2018 lantaran diam-diam menjalin kesepakatan dengan Real Madrid. Ironisnya, Lopetegui hanya bertahan tak sampai empat bulan karena Madrid hancur-hancuran.

Spanyol sepertinya akan stabil setelah Enrique, yang sukses membesut Barcelona, menerima tanggung jawab sebagai pelatih. Namun, tanpa alasan yang jelas, sejak Maret dia tidak lagi mendampingi Spanyol. Enrique hanya mengaku memiliki persoalan pribadi dan tanggung jawab kepelatihan Spanyol diserahkan kepada Roberto Moreno.

Sebagaimana dikutip Football Espana, Rabu (19/6/2019),  Enrique absen mendampingi Spanyol di Kualifikasi Euroo 2020 melawan Malta, Kepulauan Faroe, dan Swedia. Spanyol berikutnya akan melawan Rumania dan Kepulauan Faroe pada September.