Kejutan Bursa Transfer, Mats Hummels Kembali ke Dortmund

Mats Hummels - Reuters/Anegret Hilse
19 Juni 2019 20:52 WIB Budi Cahyana Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Kejutan besar terjadi di bursa transfer Eropa, Rabu (19/6/2019). Bek Mats Hummels hengkang dari Bayern Munchen dan kembali ke Borussia Dortmund dengan mahat 38 juta euro.

Bek tengah 30 tahun yang tahun lalu dipaksa pensiun dari Timnas Jerman oleh pelatih Joachim Low tersebut adalah produk akademi Bayern yang dipinjamkan ke Dortmund pada 2009 dan berkembang di bawah kepelatihan Jugren Klopp. Hummels menghabiskan delapan musim di Dortmund dan meraih dua trofi Bundesliga. Dia kemudian kembali ke Bayern Munchen pada 2016 dan memenangi tiga trofi Bundesliga.

Hummels adalah pilar utama Die Roten. Namun, kedatangan pelatih Niko Kovac musim lalu mengubah lanskap lini belakang Bayern. Hummels harus bermain bergantian dengan Jerome Boateng dan Niklas Sule.

Hummels juga bersitegang dengan Kovac pada November lalu, ketika Bayern kalah 2-3 dari Dortmund. Di paruh pertandingan, dia mengaku sakit dan pandangan matanya kabur kemudian diganti.

Hummels akan kembali bergabung dengan Mario Gotze, mantan anak jenius Dortmund yang gagal berkembang bersama Bayern dan akhir kembali ke Dortmund. Transfer Hummels ke Dortmund sangat mengejutkan karena namanya tak pernah dibicarakan di bursa perpindahan pemain. Hummels juga tak pernah mengeluarkan komentar tentang kepindahannya dari Bayern maupun diincar klub lain. Bek Bayern yang yang kerap dikaitkan bakal hijrah adalah Jerome Boateng. Musim lalu, Boateng diminati Manchester United dan PSG, tetapi sampai sekarang masih berada di FC Holywood.