Lampard Dapat Jaminan Tukangi Chelsea Selama Dua Musim

Frank Lampard - Reuters/David Klein
18 Juni 2019 21:07 WIB Budi Cahyana Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Spekulasi calon pelatih anyar Chelsea kian liar setelah tim London Barat itu belum kunjung menjatuhkan pilihan untuk suksesor Maurizio Sarri. Frank Lampard sejauh ini masih menjadi yang terdepan untuk menukangi The Blues. Namun sejumlah figur seperti Erik ten Hag (Ajax Amsterdam), Javi Gracia (Watford) hingga Ralf Rangnick (RB Leipzig) mulai dikaitkan dengan Chelsea.

Dilansir Sunday Times, Senin (17/6/2019), Lampard yang musim lalu menangani Derby County disebut-sebut telah bersedia menjadi manajer anyar Chelsea. Hal ini menyusul jaminan yang diberikan pemilik Chelsea, Roman Abramovich. Taipan asal Rusia itu menggaransi Lampard akan tetap menjadi pelatih tim hingga dua musim ke depan dan akan diberikan dana belanja setelah hukuman larangan transfer berakhir.

Lampard yang tengah meniti karier kepelatihannya di Derby dikabarkan menyimpan kekhawatiran jika menerima tawaran Chelsea. The Blues memang dikenal sebagai klub yang doyan gonta-ganti manajer. Hal itu dinilai dapat mengganggu Lampard dalam membangun reputasinya di dunia kepelaatihan. Abramovich disebut telah menghapus kekhawatiran Lampard tersebut lewat sebuah sambungan telepon.

Andai kabar itu benar adanya, Lampard akan menjadi manajer Inggris pertama yang melatih Chelsea sejak Glenn Hoddle pada 1993-1996. Namun The Blues harus bergerak cepat karena The Rams, julukan Derby, juga tengah menawarkan perpanjangan kontrak bagi Lampard. Kontrak Lampard di Derby sendiri baru berakhir 30 Juni 2020. Namun The Rams puas dengan kinerja Lampard yang membawa Derby nyaris promosi ke Liga Premier 2019/2020. Chelsea disebut harus merogoh kocek hingga 4 juta euro sebagai kompensasi untuk jasa Lampard.

Mantan Manajer Timnas Inggris, Harry Redknapp, menilai Lampard dapat memberi perbedaan di ruang ganti Chelsea, terlepas pengalamannya di dunia kepelatihan yang masih minim. Redknapp menyebut Lampard adalah sosok kharismatik dan gemar mengorbitkan pemain muda di timnya. “Dia memiliki otoritas nyata dan tak akan memikirkan segala omong kosong. Di tangannya, Chelsea akan menjadi tim yang benar-benar baru. Kita akan melihat para bintang muda muncul,” tutur Redknapp yang juga paman Lampard, dilansir The Sun.

Selain Lampard, Javi Gracia disebut menjadi kandidat kuat setelah mampu membawa Watford menjadi finalis Piala FA dan finis 10 besar di Liga Premier. Pelatih Ajax Amsterdam, Erik ten Hag, juga masuk radar menyusul performa impresifnya di Liga Champions dan kompetisi lokal. Ten Hag memiliki nilai plus karena dianggap mampu meroketkan pemain akademi Chelsea di tengah hukuman transfer yang membelit. Massimiliano Allegri sempat muncul sebagai alternatif pelatih anyar Chelsea. Namun keputusannya untuk istirahat sejenak dari dunia kepelatihan selama setahun bisa jadi penghalang.