Kualifikasi Piala Dunia 2022: Indonesia Masuk Pot 5, Sejajar dengan Guam

Suporter Timnas Indonesia - Antara/Wahyu Putro
17 Juni 2019 23:37 WIB M. Syahran W. Lubis Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA– Timnas Indonesia bakal menghadapi lawan-lawan berat di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia. Skuat Garuda masuk Pot 5 sejajar dengan Singapura, Nepal, Kamboja, Bangladesh, Mongolia, Guam, dan Makau atau Sri Lanka. Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia sekaligus menjadi Kualifikasi Piala Asia 2023.

Pembagian grup Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Kualifikasi Piala Asia 2023 akan diundi pada 17 Juli di Kuala Lumpur, Malaysia. Sebanyak 50 negara akan diundi untuk ditempatkan ke delapan grup dengan posisi pot unggulan disesuaikan dengan peringkat Federation Internationale de Football Association (FIFA) yang dirilis bulan ini.

Tim-tim akan bertarung dengan sistem kandang tandang yang berlangsung mulai 5 September 2019 hingga 9 Juni tahun depan.

Sebanyak 12 tim, yang terdiri atas setiap juara grup dan empat runner up terbaik, lolos ke putaran final Piala Asia 2023 di China dan putaran terakhir kualifikasi Piala Dunia 2022.

Di sisi lain, 24 tim terbaik berikutnya akan berkompetisi di putaran terpisah dari Pra-Piala Dunia 2022 untuk berebut 12 tiket lagi ke putaran final Piala Asia 2023 untuk melengkapi total slot 24 tim yang bertarung di China.

Satu tim lagi di Pot 5 belum dipastikan Makau atau Sri Lanka, karena laga leg kedua kualifikasi tahap awal antara kedua tim tersebut belum digelar karena Makau menolak ke Sri Lanka dengan alasan keamanan, setelah di leg pertama Makau menang 1 - 0.

Pembagian pot pengundian yang dirilis AFC pada Senin (17/6/2019)

Pot 1: Iran, Jepang, Korea Selatan, Australia, Qatar, Uni Emirat Arab, Arab Saudi, China

Pot 2: Irak, Uzbekistan, Suriah, Oman, Lebanon, Kirgistan, Vietnam, Jordania

Pot 3: Palestina, India, Bahrain, Thailand, Tajikistan, Korea Utara, Taiwan, Filipina

Pot 4: Turkmenistan, Myanmar, Hong Kong, Yaman, Afghanistan, Maladewa, Kuwait, Malaysia

Pot 5: Indonesia, Singapura, Nepal, Kamboja, Bangladesh, Mongolia, Guam, Makau/Sri Lanka.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia