Preview Paraguay Vs Qatar: Menguji Al-Annabi di Level Dunia

Almoez Ali - Reuters/Thaier Al Sudani
16 Juni 2019 17:57 WIB Hanifah Kusumastuti Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Qatar sudah menjadi juara Piala Asia 2019. Dua tahun lagi, Qatar akan menjadi sahibulbait Piala Dunia 2022. Prestasi di level Asia tersebut terasa belum cukup untuk menguji ketangguhan tim berjuluk Al-Annabi (Si Merah Maroon) ini di level dunia.

Copa America 2019 bisa menjadi ajang yang tepat untuk simulasi Qatar sebelum Piala Dunia 2022. Qatar menjadi satu dari dua wakil Asia yang diundang untuk mengikuti turnamen tertua di dunia yang digelar di Amerika Selatan tersebut.

Ujian Qatar di Copa America 2019 sangat berat. Karena mereka tergabung pada grup maut, yakni Grup B bersama tim-tim kelas dunia, Argentina, Kolombia, dan Parguay. "Kami bermain melawan tim-tim berpengalaman yang lebih berkaliber ketimbang yang kami lihat di turnamen Asia. Grup kami termasuk Argentina, semua orang sudah tahu kemampuan mereka, dan Kolombia yang punya pemain bagus, baik di Piala Dunia atau Copa America. Sedangkan Paraguay juga punya sejarah besar," jelas Pelatih Qatar, Felix Sanchez, seperti dilansir indiatimes.com, Sabtu (15/6/2019).

Al-Annabi harus melakoni start meyakinkan jika ingin lolos ke babak berikutnya saat laga pembuka Grup B melawan Paraguay di Stadion Maracana, Rio de Janeiro, Senin (17/6/2019) pukul 02.00 WIB. Duel melawan Paraguay menjadi satu-satunya pertandingan di Grup B yang realistis bagi Qatar untuk memetik poin. Paraguay sedang dalam kondisi mengenaskan dengan hanya memetik satu kemenangan dalam enam laga terbaru mereka.

Qatar bisa semakin termotivasi karena bermain di Maracana. Juara bertahan Piala Asia tersebut bakal mengalami momen langka turun di stadion magis milik Timnas Brasil tersebut. Pada laga persahabatan sebelum Copa America, Qatar telah menjajal stadion ternama lain di Negeri Samba. Yakni ketika mereka dikalahkan 0-2 Brasil di Nacional de Brasilia, Brasilia.

Qatar harus menghentikan striker Paraguay, Miguel Almiron, jika ingin memetik poin di Maracana. Penyerang baru Newcastle yang akrab disapa Miggy tersebut memiliki kecepatan tinggi dalam berlari serta piawai mengkreasi peluang.

Sedangkan Qatar akan mengandalkan penyerang Almoez Ali. Bintang Liga Qatar tersebut menahbisakan diri sebagai top scorer Piala Asia 2019 dengan torehan sembilan gol. Salah satu golnya dilesakkan ketika Qatar menundukkan Jepang 3-1 pada babak final.