Serbia Pecat Pelatih Setelah Kalah Memalukan dari Ukraina

Mladen Krstajic - Reuters/Marko Djurica
15 Juni 2019 04:07 WIB M. Syahran W. Lubis Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Federasi Sepak Bola Serbia (FSS) memecat Mladen Krstajic dari kursi kepelatihan setelah Serbia kalah 0-5 dari Ukraina di kualifikasi Euro 2020.

Meskipun menurunkan pemain Luka Jovic dan bintang Ajax Dusan Tadic, Serbia takluk memalukan tuan rumah Ukraina di Lviv pada 8 Juni dini hari WIB.

Berselang tiga hari kemudian Serbia mengatasi Lithuania 4 - 1, tetapi itu tidak cukup untuk menyelamatkan Krstajic. Serbia saat ini berada di peringkat ketiga klasemen sementara Grup B dan terpaut 6 poin dari Ukraina di posisi teratas.

"Dewan eksekutif dan pelatih FSS Mladen Krstajic telah memutuskan kerja sama dengan persetujuan bersama," demikian pernyataan FSS pada Jumat (14/6/2019) WIB.

"Kami berterima kasih kepada Krstajic atas usahanya dan terutama atas pencapaian di Nations League. Kami berharap yang terbaik untuknya pada masa mendatang."

Krstajic, yang punya 59 caps untuk Timnas Serbia, menukangi tim itu di Dunia 2018 di Rusia, di mana mereka kandas di fase grup, kalah bersaing dengan Brasil dan Swiss.

Setelah menggantikan Slavoljub Muslin pada 2017, Krstajic membimbing Serbia ke posisi teratas di Grup 4 dari Nations League level C dengan empat kemenangan dan dua kali imbang sehingga promosi ke level B.

Namun, kritik atas taktik mantan pemain berusia 45 tahun dan awal yang buruk di kualifikasi Euro 2020 membuat Krstajic kehilangan pekerjaannya.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia