Real Madrid Rekrut Ferland Mendy, Bek Kiri dengan Kemampuan Mirip Kylian Mbappe

Ferland Mendy - Marca
13 Juni 2019 17:12 WIB Budi Cahyana Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Real Madrid resmi merekrut bek kiri Prancis, Ferland Mendy, dari Olympique Lyonnais, Rabu (12/6/2019) waktu setempay. Pemain berusia 24 tahun ini digaet dengan mahar 48 juta euro. Mendy baru melesat dalm dua musim terakhir dan kemampuannya disebut setara dengan Kylian Mbappe, tetapi dengan posisi bermain yang berbeda.

Mendy mengawali karier di Le Havre, klub yang menelurkan Paul Pogba, Lassana Diarra, dan Riyad Mahrez. Dia menembus skuat utama Le Havre pada 2015 dan langsung menjadi pemain kunci dalam dua musim sebelum pindah ke Lyon. Di Lyon, Mendy baru menjadi pemain utama di awal musim lalu, tetapi langsung berkembang pesat hingga dipanggil Didier Deschamps untuk memperkuat Timnas Prancis. Bersama Lyon, Mendy tampil 79 kali selama dua musim di semua kompetisi, mencetak tiga gol dan memasok tujuh asis,

Di Madrid, Mendy diikat kontrak selama enam musim sampai medio 2025. Madrid kini sudah membelanjakan 300 juta euro untuk merekrut pemain anyar. Sebelumnya, Los Blancos telah mengikat Eden Hazard dari Chelsea dengan harga sekitar 100 juta euro serta striker Luka Jovic dari Eintracht Frankfurt. Madrid juga telah meminang Rodrygo dari Santos dan Eder Militao dari Porto.

Mendy bisa menjadi pelapis yang sepadan atau bahkan menggusur Marcelo yang selama satu dekade menjadi bek kiri utama Madrid. Kehadiran Mendy juga mengancam posisi bek kiri 22 tahun Sergio Reguilon yang baru menembus skuat utama saat Madrid dilatih Santiago Solari.

Mendy mulai menarik perhatian di Eropa saat tampil cemerlang dan membawa Lyon mengalahkan Manchester City di Stadion Etihad 2-1 pada laga fase grup Liga Champions musim ini. Dia adalah bek kiri yang sangat agresif, tetapi solid dalam bertahan.

"Dia adalah Kylian Mbappe di posisi bek kiri. Bek kiri adalah posisi yang sangat penting karena sulit menemukan pemain dengan kemampuan bagus untuk memerankannya. Mendy bagus dalam bertahan dan menyerang. Dia sangat seimbang, sangat kuat saat bertahan dan terus menyerang sepanjang laga. Tak ada bek kiri dengan kemampuan bagus di usianya, kecuali mungkin Andy Robertson yang tidak mungkin pindah dari Liverpool," ujar agen berpengalaman, Yvan Le Mee, kepada France Footbal seperti dikutip goal.com.