Uji Coba Internasional: Indonesia Kalah 1-4 dari Yordania

Latihan Indonesia menjelang menghadapi Yordania. - pssi.org
11 Juni 2019 22:22 WIB Newswire Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Indonesia tumbang 1-4 dari Yordania dalam laga uji coba internasional  di Stadion King Abdullah II, Amman, Yordania, Selasa (11/6/2019) malam.

Timnas Indonesia tertinggal 0-2 di babak pertama. Dua gol Yordania lainnya dicetak di babak kedua. Sementara satu gol hiburan bagi Timnas Indonesia dicetak oleh Alberto Goncalvez dari titik penalti di babak kedua.

Laga Indonesia melawan Yordania ini juga menjadi persiapan bagi skuat besutan Simon McMenemy untuk kualifikasi Piala Dunia 2022 serta kualifikasi Piala Asia U-23.

Selanjutnya Indonesia akan melakukan uji coba internasional menghadapi Republik Vanuatu di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Sabtu (15/6/2019)

Indonesia sempat mendapatkan tekanan lebih dulu dari tuan rumah Yordania di awal pertandingan. Timnas Indonesia dengan jersey putih - putih mencoba menguasai bola namun masih kesulitan untuk melakukan tekanan.

Yordania masih menguasai bola dan Khalil Bani Attiah mengancam namun sepakannya masih berada di atas gawang di menit ke-7. Tuan rumah masih melakukan tekanan dan para pemain timnas Indonesia masih tetap disiplin berada di posisinya.

Para pemain belakang Indonesia pun masih mampu meredam serangan Yordania. Tim Indonesia pun mencoba lepas tekanan dan melakukan serangan lewat Evan Dimas dan Riko Simanjuntak

Pada menit ke-11, Dedik Setyawan melepaskan sepakan keras kaki kanannya di dalam kotak penalti namun masih berada di samping gawang. Yordania langsung balik menekan namun masih dapat digagalkan pemain belakang timnas Indonesia.

Riko Simanjuntak mencoba menekan lewat sisi kanan namun masih dapat digagalkan pemain Yordania. Sementara di ancaman berbahaya dari Said Baha lewat tendangan kerasnya masih dapat ditepis oleh Andritany.

Namun pada menit ke-23, gawang Timnas Indonesia kebobolan oleh gol Baha' Faisal Mohammad Seif lewat sepakan kerasnya membuat Yordania unggul 1-0. Yordania masih melanjutkan tekanan namun masih dapat diamankan pemain belakang Indonesia.

Setelah sempat water break, tuan rumah Yordania masih mencoba melanjutkan tekanannya. Sementara timnas Indonesia masih kesulitan untuk membuat peluang ke pertahanan Yordania.

Sementara Andritany kembali mengamankan bola hasil tendangan pemain Yordania di menit ke-37. Pada menit ke-4, Yordania memperbesar keunggulan menjadi 2-0 lewat sepakan Ahmed Hamdoni guna menaklukkan Andritany.

Sementara Ruben Sanadi mendapatkan perawatan setelah berbenturan dengan pemain Yordania. Sementara Rizki Ramdani Lestaluhu akhirnya digantikan oleh Andik Vermansah dalam laga ini.

Di babak kedua, pelatih Simon McMenemy memasukan Novri Setiawan menggantikan Ruben Sanadi. Timnas Indonesia mulai mengambil inisiatif serangan dan mencoba menguasai bola.

Namun, Yordania melakukan serangan balik di menit ke-49 setelah mendapatkan bola dari Yanto Basna. Tekanan masih terus dilakukan oleh Yordania dan membuat pemain belakang Timnas Indonesia harus bekerja keras.

Sebuah peluang Yordania sempat membentur tiang gawang dan juga diblok oleh Andritany. Pada menit ke-56, McMenemy mencoba mempertajam lini depannya dengan memasukan Albeto Goncalvez menggantikan Riko Simanjuntak. Namun, Yordania mampu memperbesar keunggulan menjadi 3-0 lewat gol Yousef Ahmad Mohammad Al Rawashdeh di menit ke-63. Ia berhasil memanfaatkan kesalahan kiper Adrytani saat melakukan tendangan. Pada menit ke-66, sebuah ancaman dilakukan oleh Timnas Indonesia. Dedik Setyawan menekan dan melepaskan sepakan keras namun bola masih berada di samping gawang Yordania.

Dua menit kemudian, Andik mencoba melepas tendangan bebasnya ke depan gawang namun belum membuahkan hasil. Lagi peluang dimiliki Dedik setelah mendapatkan umpan dari Rizki Pelu namun bola masih melambung.

Pada menit ke-79, Yordania membuat Timnas Indonesia semakin terpuruk setelah Hamza Ali Khaled Al Dardoor melepaskan tendangan melengkung ke tiang jauh dan tidak mampu digagalkan Andritany. Yordania pun unggul jauh 4-0.

Pada menit ke-86. Timnas Indonesia mendapatkan hadiah penalti setelah Beto Goncalvez dijatuhkan oleh kiper. Beto yang menjadi eksekutor melakukan tugasnya dengan baik guna membuat skor menjadi 1-4. Kedua tim masih mencoba melakukan serangan di sisa pertandingan. Namun hingga akhir pertandingan skor tetap tidak berubah 4-1 bagi kemenangan tuan rumah Yordania.

Susunan Starting XI Yordania Indonesia

Yordania : Ahmed Samir, Khalil Benyati, Shaif Bada, Tareq Khitab, Esan Hadad, Yasab Alarab, Ferasil Baya, Moussa Sulaiman, Ahmed Hamdoni, Baha Sulaiman

Indonesia: Andritany; Yanto Basna, Achmad Jufrianto, Hansamu Yama, Riski Pellu, Evan Dimas, Riski Pora, Ruben Sanadi, Riko Simanjuntak, Ramdani Lestaluhu, Dedik Setyawan.

Sumber : Suara.com