Ballon d'Or: Dukungan untuk Van Dijk Terus Mengalir

Virgil van Dijk - Reuters/Carl Recine
11 Juni 2019 02:17 WIB Hafiyyan Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA—Virgil van Dijk terus dijagokan meraih Ballon d'Or 2019. Performa menawannya sepanjang musim membuat banyak pemain meyakini bek Belanda berusia 27 tahun ini pantas mendapat anugerah pemain terbaik dunia.

Pemain jangkung itu juga sudah dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Liga Inggris pada musim ini, sebagai pengakuannya atas penampilan Van Dijk bersama The Reds.
Dalam UEFA Nations League, Belanda memang kalah di parta final setelah kalah 0-1 dari Portugal pada Minggu (9/6/2019). Namun demikian, dua kompatriotnya, Georginio Wijnaldum dan Ryan Babel percaya Van Dijk pantas menyabet gelar Ballon d’Or.

“Dia menjalani musim yang sangat baik, dia juga mencoba menghentikan pergerakan setiap lawannya,” papar Wijnaldum.

Menurutnya, Van Dijk adalah bek terbaik di dunia pada saat ini. Kendati demikian, keputusan pemain terbaik tentunya bergantung kepada hasil rapat para pemanggku kepentingan.

Selain itu, mantan penyerang Liverpool, Babel juga menyatakan Van Dijk wajar masuk ke dalam nominasi pemain terbaik. Terakhir bek tengah menyabet gelar Ballon d’Or adalah Cannavaro pada 2006.

“Jadi, bukan tidak mungkin seorang bek tengah dinobatkan sebagai pemain terbaik,” tuturnya.

Ballon d'Or adalah anugerah pemain terbaik dunia yang diberikan majalah mingguan sepak bola, France Football, sejak 1956. Ini adalah penghargaan tertua dan paling prestisius untuk pemain terbaik dunia. Gengsinya mengalahkan Pemain Terbaik FIFA. Peraih Ballon d'Or dipilih oleh jurnalis sepak bola di seluruh dunia yang ditunjuk oleh France Football.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia