Jadwal Liga 2 Berubah, PSIM Melawat ke Persis Terlebih Dahulu

PSIM Jogja - Instagram PSIM Jogja Official
10 Juni 2019 19:02 WIB Jumali Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA—PT Liga Indonesia Baru (LIB) mengubah jadwal pertandingan Liga 2 2019. Pada draf jadwal yang dikeluarkan akhir Mei lalu, PSIM menjamu Persis Solo terlebih dahulu. Namun, jadwal diubah dan PSIM akan mengawali Derbi Mataram dengan bertandang ke Stadion Wilis di Madiun yang menjadi kandang sementara Persis Solo.

 Dalam jadwal yang sudah direvisi, ada perubahan jumlah klub yang bermain di Grup Timur. Jika semula, Grup Timur diisi 12 tim, kini hanya diisi sebanyak 11 klub. Musababnya, Blitar United yang semula berada di Grup Timur pindah ke Grup Barat karena dibeli Persib Bandung.

Jadwal pertandingan di Grup Timur pun mengalami banyak perubahan, tidak terkecuali yang dijalani oleh PSIM Jogja. PSIM akan menjalani pertandingan padat di putaran pertama Grup Timur.

Jumlah pertandingan kandang PSIM Jogja juga terdampak dengan perubahan jadwal tersebut. Semula PSIM Jogja memiliki enam pertandingan kandang, tetapi sesuai dengan perubahan jadwal yang ada, PSIM hanya memiliki empat pertandingan kandang.

Seusai menjalani laga perdana melawan tuan rumah Persiba Balikpapan, Sabtu (22/6), empat hari berselang, PSIM Jogja akan ditantang tuan rumah Mitra Kukar, Rabu (26/6). Laskar Mataram kemudian menjamu Persik Kediri, Senin (1/7) dan melawan PSBS Biak Minggu (14/7). Setelah itu, PSIM akan menjalani dua laga away yakni melawan Persatu, Sabtu (20/7) dan melawan Madura FC, Rabu (24/7).

PSIM langsung menjalani laga kandang seusai lawatan ke Jawa Timur dengan menjamu Persewar, Senin (29/7). Setelah menjamu Persewar, PSIM akan langsung menjalani laga kandang melawan Sulut United, Sabtu (3/8), bermain kandang menjamu Martapura FC, Kamis (8/8) dan menjalani laga Derbi Mataram melawan tuan rumah Persis Solo, Kamis (15/8).

Di draf awal, PSIM mengawali petualangan di Liga 2 2019 dengan melawat ke kandang Persiba Balikpapan pada Sabtu, 22 Juni nanti.

Selanjutnya, Laskar Mataram akan melakoni jadwal supersibuk pada Juli. Saking padatnya, dalam kurun dua pekan dari 5-16 Juli, PSIM menjalani empat pertandingan. Pada Sabtu, 10 Agustus 2019, PSIM akan menutup putaran pertama dengan menjamu rival abadinya, Persis Solo.

Pelatih PSIM Jogja Vladimir Vujovic optimistis timnya mampu meraih poin maksimal di akhir putaran pertama meski jadwal berubah signifikan.

“Kami harus siap. Saya ingin mencoba membuat semuanya menjadi mungkin. Saya tidak ingin membuat kalkulasi poin. Yang jelas target pertama kami adalah lolos ke 8 besar, lolos semifinal dan promosi. Kami yakin bisa mencapai target promosi. Untuk laga kandang, tentu kami harus meraih kemenangan,” kata Vlado, Senin (10/6).

Pelatih asal Montenegro ini mengaku telah menyiapkan sejumlah rencana untuk menyiasati jadwal padat. Meratanya kualitas pemain PSIM Jogja, membuat Vlado tidak pusing untuk merotasi skuat.

“Kami punya banyak pemain. Setiap pemain bisa menggantikan yang lain di kompetisi. Di saat bersamaan mereka harus bekerja keras dan tampil maksimal di setiap pertandingan,” terang Vlado.

CEO PT PSIM Jaya Bambang Susanto optimistis menghadapi perubahan jadwal yang ada.

“Ya, kami harus siap.”