Kapten Liverpool: Kesuksesan Ini Tak Akan Terwujud Tanpa Jurgen Klopp

Jurgen Klopp - Reuters/Carl Recine
02 Juni 2019 05:27 WIB Budi Cahyana Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Liverpool sukses menjuarai Liga Champions 2018-2019 setelah mengalahkan Tottenham Hotspur pada final di Stadion Wanda Metropolitano, Minggu (2/6/2019) dini hari WIB. Ini adalah trofi keenam Liga Champions untuk The Reds. Kapten Jordan Henderson memuji pelatih Jurgen Klopp habis-habisan.

"Tanpa kehadirannya, semua kesuksesan ini tak mungkin muncul. Dia tak hanya membawa pemain baru yang membuat klub ini semakin kuat, tetapi juga mendorong semua pemain menjadi lebih baik. Saya sangat bangga menjadi bagian dari klub ini," ujar Henderson dikutip The Guardian.

Klopp adalah manajer keempat yang membawa Liverpool memenangi Liga Champions setelah Joe Fagan, Bob Paisley, dan Rafael Benitez. Dia juga pelatih kelima asal Jerman yang memenangi trofi Si Kuping Besar setelah Dettmar Cramer, Udo Lattek, Otmar Hitzfield, dan Jupp Heynckes. Hanya Klopp dan Heynckess (Real Madrid 1998) yang menjadi juara bersama klub non-Jerman.

"Ini adalah malam paling menyenangkan sepanjang karier profesional saya. Para pemain terus bertarung meski nyaris kehabisan bensin. Kami juga memiliki kiper yang membuat segalanya tampak lebih mudah," ucap Klopp.

Penampilan Alisson Becker di bawah mistar Liverpool sangat menakjubkan. Dia membuat tiga penyelamatan penting. Alisson menjadi kiper pertama setelah Julio Cesar yang mencatat clean sheet di final Liga Champions. Cesar, yang juga berasal dari Brasil seperti Alisson, tak kebobolan saat mengawal gawang Inter Milan melawan Bayern Munchen di final 2010.