Kunci Kesuksesan Chelsea Menjuarai Liga Europa Menurut Giroud

Striker Chelsea Olivier Giroud memegang trofi Liga Europa - Reuters/Phil Noble
30 Mei 2019 16:57 WIB Ahmad Baihaqi Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Chelsea menyabet trofi Liga Europa musim ini setelah menang telak 4-1 atas Arsenal pada final di Stadion Olimpiade, Baku, Azerbaijan, Kamis (30/5/2019) dini hari WIB. Striker Chelsea, Olivier Giroud, mengungkapkan kunci sukses timnya menang di partai ini.

Di babak pertama, kedua tim bermain imbang 0-0. Permainan pun cenderung seimbang. Namun, Chelsea menggila di awal babak kedua. Dalam tempo 20 menit, mereka bisa unggul 3-0 berkat gol Olivier Giroud, Pedro Rodriguez, dan penalti Eden Hazard. Arsenal kemudian menipiskan jarak lewat lesakkan Alex Iwobi. Namun, Chelsea menegaskan kemenangan lewat gol kedua Hazard.

Secara statistik, permainan juga cukup seimbang. Chelsea unggul tipis dalam penguasaan bola yakni 50,1% berbanding 49,9%. Sementara dalam hal tembakan, Arsenal lebih unggul dengan 16 lesakkan berbandng 14 milik Chelsea. Namun dari 16 tembakan Arsenal hanya dua yang tepat sasaran, sedangkan Chelsea membuat delapan tembakan tepat sasaran.

Giroud menilai kunci kemenangan timnya adalah bermain efektif. Dia menganggap The Blues bisa memberikan ancaman berarti dari setiap peluang yang dihasilkan. Hal itu lah yang membuat mereka bisa mencetak empat gol.

"Babak pertama sebenarnya cukup menarik tapi tak ada gol. Ini adalah final yang hebat dan kami lebih baik dan efektif di babak kedua," ucap Giroud seperti dikutip dari BBC.

"Saya sangat bangga. Tim ini pantas memenangi sesuatu. Ini sangat spesial dan saya turut bahagia untuk klub. Ini trofi kedua saya dalam dua tahun," imbuh mantan penyerang Arsenal tersebut.

Sumber : JIBI/Solopos