11 Gol, Olivier Giroud Top Scorer Liga Europa

Olivier Giroud - Reuters/David Klein
30 Mei 2019 04:47 WIB Budi Cahyana Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Olivier Giroud menjadi figur penting dalam keberhasilan Chelsea menjuarai Liga Europa musim ini. Striker 32 tahun kelahiran Prancis itu mencetak satu gol dan satu asis saat The Blues menundukkan Arsenal 4-1 pada laga final di Stadion Olimpiade, Baku, Azerbaijan, Kamis (30/5/2019) dini hari WIB.

Golnya di final sangat indah, dihasilkan lewat sundulan sambil menjatuhkan diri. Bola ayunan kepalanya meluncur deras ke gawang Arsenal tanpa bisa dicegah kiper Petr Cech.

Giroud juga menjadi top scorer turnamen. Dalam 14 pertandingan, dia mengemas satu gol. Pundi-pundi gol Giroud satu kali lebih banyak ketimbang koleksi striker Eintracht Frankfurt, Luka Jovic dan tiga kali lebih banyak daripada gol striker Arsenal Pierre Emerick Aubameyang.

Giroud menyamai rekor Alan Shearer sebagai pemain yang mencetak 11 gol, terproduktif, untuk klub Inggris dalam semusim di kompetisi Eropa. Shearer mencatat rekor gol ini pada 2004-2005 bersama Newcastle.

Giroud hijrah ke Chelsea dari Arsenal pada Januari 2018 karena kalah bersaing dengan Aubameyang dan Alexandre Lacazette. Di Chelsea dia hanya menjadi cadangan Alvaro Morata selama enam bulan pertama dan Gonzalo Higuain sejak enam bulan terakhir. Namun, performanya cukup konsisten saat diturunkan. Giroud adalah striker utama Prancis saat menjuarai Piala Dunia 2018. Ironisnya, dia tak mencetak satu gol pun untuk Les Bleus di Rusia.