Hancurkan Arsenal dalam 25 Menit, Chelsea Juarai Liga Europa

Eden Hazard - Reuters/Eddie Keogh
30 Mei 2019 03:52 WIB Budi Cahyana Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Gol Olivier Giroud, Pedro Rodriguez, dan Eden Hazard membawa Chelsea mengalahkan Arsenal 4-1 pada final Liga Europa 2018-2019 di Stadion Olimpiade, Baku, Azerbaijan, Kamis (30/5/2019) dini hari WIB. 

Arsenal hancur dalam 25 menit awal babak kedua. Setelah melewati babak pertama dengan disiplin dan solid, The Gunners langsung ambrol selepas turun minum.

Giroud mencetak gol pada menit ke-49. Sambil menjatuhkan diri, striker 32 tahun asal Prancis itu menanduk umpan Emerson Palmieri. Sepuluh menit berselang, Pedro menuntaskan asis Hazard dengan sepakan kaki kiri dan menggandakan keunggulan The Blues. Lima menit kemudian, giliran Hazard yang mencetak gol lewat titik penalti. Pada menit ke-71, Hazard mencetak gol keduanya, sekaligus gol keempat Chelsea lewat kaki kiri meneruskan umpan Giroud.

Dua gol pertama dan gol terakhir Chelsea lahir berkat keberhasilan memanfaatkan ruang kosong di sisi kanan pertahanan Arsenal yang seharusnya menjadi tanggung jawab bek sayap Alex Maitland Niles. Arsenal harus membayar mahal skema 3-5-2 yang diterapkan Unai Emery karena sisi kanan pertahana  mereka sangat longgar. Emerson, Hazard, dan Giroud dengan leluasa memanfaatkan area ini untuk mengirim asis.

Gol ketiga Chelsea yang dilesakkan Hazard dari titik penalti juga gara-gara Maitland Niles menjatuhkan Giroud di kotak terlarang. Bek 21 tahun ini secara luar biasa tak diganti meski Arsenal kesulitan. Emery memasukkan dua pemain, Alex Iwobi dan Matteo Guendouzi untuk menggantikan Nacho Monreal dan Lucas Torreira satu menit setelah tertinggal 0-3. Iwobi mencetak gol tiga menit kemudian lewat tendangan voli. Namun, hanya berjarak dua menit, Chelsea mencetak gol keempat dan Arsenal tak bisa membalas lagi.

Performa bobrok Arsenal di 25 menit awal babak kedua membuyarkan kegemilangan Petr Cech di babak pertama.

Cech, kiper 37 tahun yang akan pensiun akhir musim ini, bermain cemerlang di bawah mistar sebelum jeda. 

Arsenal memulai pertandingan dengan cepat dan langsung mendominasi serangan. Sisi kiri serangan The Gunners yang digalang Sead Kolasinac dan disokong Nacho Monreal mampu mengeksploitasi area pertahanan Chelsea yang tak bisa dikover dengan sempurna oleh Cesar Azpilicueta. Arsenal terus menyerang hingga menit ke-30 dan punya satu peluang emas lewat sepakan Granit Xhaka dari luar kotak penalti. Namun, bola sepakan gelandang asal Swiss itu masih melayang di atas mistar.

Chelsea kemudian bisa keluar menyerang di sepuluh menit terakhir babak pertama. Dua kali The Blues punya kesempatan unggul. Namun, dua kali pula Petr Cech menetralkan ancaman. Cech dengan sigap memblok bola tendangan bek kiri Emerson Palmieri dan menjaga gawang Chelse tetap steril. Tiga menit sebelum jeda, kiper asal Cheska itu menepis bola tendangan striker Olivier Giroud yang meluncur deras ke arah gawang The Blues.

Ini adalah pertandingan pamungkas Cech. Selanjutnya, dia akan pindah ke Chelsea dan mengisi jabatan Direktur Olahraga.

Performa jelek Arsenal di babak kedua juga menutup permainan pas-pasan Eden Hazard, yang kemungkinan memainkan laga terkhir untuk Chelsea  karena musim depan akan merumput bersama Real Madrid. Sebelum mencetak dua gol dan satu asis, Hazard bermian buruk. Dia tercatat lima kali kehilangan bola dan tak sekali pun mengkreasi peluang gol.

Trofi Liga Europa adalah gelar pertama untuk Maurizio Sarri sepanjang karier kepelatihannya. Gelar ini juga menjadi kado perpisahan manis untuk Hazard sebelum hijrah ke Spanyol.