Liga 1 Akan Memakai VAR, Kemungkinan Mulai Putaran Kedua

Pertandingan pembuka Liga 1 yang mempertemukan PSS Sleman melawan Arema FC di Stadion Maguwoharjo, Sleman, 15 Mei 2019. - Harian Jogja/Gigih M. Hanafi
27 Mei 2019 22:47 WIB Newswire Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA—Komite Eksekutif (Exco) PSSI memutuskan penggunaan video assistant referee (VAR) akan digunakan di Liga 1 2019. Keputusan itu dihasilkan dalam rapat Exco PSSI yang digelar akhir pekan lalu.

PT Liga Indonesia Baru (LIB), perusahaan pengelola kompetisi, diminta untuk segera membuat kajian dari segi anggaran dan insfrastruktur penggunaan VAR. Sementara PSSI akan menyiapkan kajian yang terkait regulasi berdasarkan peraturan FIFA tentang penggunaan VAR.

“PSSI tentunya juga akan menyiapkan wasit-wasit terbaik yang nantinya bertugas di belakang layar dalam pengoperasian VAR,” kata Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria di Jakarta, Senin (27/5/2019).

Penggunaan VAR ini tidak lepas dari beberapa keputusan kontroversial wasit dalam beberapa pertandingan terakhir. Selain itu, pencinta sepak bola di Tanah Air juga mendesak agar kompetisi di Indonesia menggunakan VAR.

Waktu penerapan VAR itu sendiri belum bisa dipastikan. Namun besar kemungkinan, teknologi modern tersebut akan digunakan di putaran kedua Liga 1 2019.

Sumber : JIBI/Solopos