Preview Atalanta Vs Sassuolo: Atalanta Menuju Kebanggan

Atalanta - Reuters/Alberto Lingria
26 Mei 2019 18:07 WIB Hanifah Kusumastuti Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA  - Atalanta lebih populer dengan sebutan tim medioker alih-alih sebagai penghuni papan atas. Namun, tim polesan Gian Piero Gasperini ini membuat mata penggila sepak bola terbelalak karena kejutan yang mereka torehkan musim ini.

Selain menembus ke final Coppa Italia, Atalanta tampil brilian di Seriw A. Atalanta menjadi tim tersubur dengan mengoleksi 74 gol. Mereka merangsek ke peringkat ketiga klasemen dengan mengumpulkan 66 poin dalam 37 laga, unggul head-to-head atas Inter Milan, dan melangkahi AC Milan dan AS Roma yang masing-masing mengoleksi 65 poin dan 63 poin.

Atalanta pun tinggal selangkah lagi mengamankan tiket ke Liga Champions musim depan. Jika berhasil, maka ini kali pertama Atalanta bakal mecicipi atmosfer panas turnamen terelite di Eropa itu sejak klub ini berdiri 112 tahun lalu. Duvan Zapata dkk. bakal mewujudkannya apabila mampu menaklukkan Sassuolo pada pekan terakhir Seri-A musim ini di Stadion Maipei, Reggio Emilia, Senin (27/5/2019) pukul 01.30 WIB.

Skenario lainnya, Atalanta masih bisa lolos ke Liga Champions jika bermain imbang atas Sassuolo asalkan duo Milan yang menjadi pesaing mereka di empat besar, Inter dan AC Milan, tidak menang atas lawan masing-masing. Inter bakal menjamu Empoli dan Milan bertamu ke markas SPAL.

Pendukung Atalanta sendiri siap berbondong-bondong memenuhi Stadion Maipei. Supoter La Dea bakal menunjukkan loyalitas mereka kendati tim kesayangan mereka terusir dari kandang sendiri. Tim asal Bergamo ini terpaksa menjadikan Stadion Maipei di Reggio Emilia sebagai kandang sementara pada giornata penutup melawan Sassuolo, karena stadion mereka mulai direnovasi bulan ini.

Sekitar 18.000 pendukung Atalanta diprediksi akan menempuh perjalanan sepanjang 240 km dari Bergamo ke Reggio Emilia untuk menjadi saksi sejarah tim kesayangan mereka secara langsung dalam mengklaim tiket ke Liga Champions. Sedangkan 4.000 tempat duduk tersisa di Stadion Maipei akan ditempati pendukung Sassuolo.

"Kepercayaan diri kami sekarang melambung jauh ke angkasa dan ini [laga melawan Sassuolo] akan jadi krusial. Liga Champions akan jadi pencapaian luar biasa, namun kami tidak boleh berpikir itu, saatnya fokus dengan gap yang ada [dengan Inter, Milan, dan Roma]," jelas Gasperini, seperti dilansir chiesaditotti.com, Sabtu (25/5/2019). 

Sumber : JIBI/Solopos