Barca Kehilangan Kesempatan Raih Treble dalam 1 Bulan, Posisi Ernesto Valverde Tetap Aman

Ernesto Valverde - Reuters/Vincent West
26 Mei 2019 16:42 WIB Budi Cahyana Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Dalam kurun satu bulan, Barcelona kehilangan kesempatan meraih treble dan hanya mendapat satu gelar domestik, yakni La Liga. Meski demikian, posisi Ernesto Valverde dikursi kepelatihan Azulgrana dijamin aman.

Barce menggenggam trofi La Liga dengan cepat pada awal bulan. Kemudian kesempatan menjuarai Liga Champions juga sangat terbuka. Setelah menang 3-0 atas Liverpool di semifinal pertama Liga Champions, Barcelona digebuk 0-4 dan gagal melangkah ke final. Barcelona masih punya kans mengawinkan gelar domestik.

Namun, pada final Copa del Rey di Stadion Benito Villamarin, Sevilla, Minggu (26/5/2019) dini hari WIB, Barcelona kalah 1-2 dari Valencia.

Presiden Barcelona Josep Bartomeu menegaskan Valverde tetap menjadi pelatih musim depan.

“Selalu saya tegaskan, Ernesto sudah kami kontrak untuk musim selanjutnya. Dia bukan biang keladi kegagalan ini. Kami banyak punya peluang di pertandingan ini, tetapi gagal mencetak gol. Ini bukan musim yang bagus, tetapi juga bukan musim yang mengenaskan. Kami bisa melangkah sampai semifinal Liga Champions dan final Copa del Rey,” ucap Bartomeu seusai laga melawan Valencia dikutip Scoresway.

Valverde juga yakin dia akan terus memimpin Barcelona.

“Saya merasa baik-baik saja. Saya tahu bahwa kalah di klub ini sulit bagi pelatih karena selalu ada tanggung jawab. Kadang-kadang Anda membuat kesalahan, tetapi Anda harus menghadapinya,” kata Valverde.

“Sebulan yang lalu kami merayakan gelar La Liga dan berpikir untuk memenangi treble, tetapi kami tersingkir pada saat yang menentukan.”

Dalam pertandingan final Copa del Rey pada Minggu (26/5/2019) dini hari WIB, Valencia sempat unggul dua gol lewat Kevin gameiro (21’) dan Rodrigo Moreno (33’). Barca baru bisa memasok sebiji gol valasan lewat Lionel Messi pada menit 74.

Valverde di laga ini tak dapat menurunkan penyerang Luis Suarez karena masih berkutat dengan cedera. Kekalahan ini membuat Barca tak mampu menaklukkan Valencia di tiga pertemuan sepanjang musim 2018-2019. Dua pertemuan sebelumnya di ajang La Liga berakhir imbang, seri 1 - 1 pada pertemuan pertama di Valencia dan seri 2 - 2 pada pertemuan kedua di Barcelona.

Hasil kali ini juga membuat Valencia selalu menang di empat pertandingan terakhir. Kemenangan di tiga pertandingan sebelumnya mereka raih di La Liga yang membuat anak asuh Marcelino Garcia Toral finis di urutan keempat dan lolos ke Liga Champions bersama Barca, Atletico, dan Real Madrid.