Kompany Kembali ke Anderlecht sebagai Pemain Merangkap Pelatih

Vincent Kompany - Reuters/Matthew Childs
19 Mei 2019 23:07 WIB Budi Cahyana Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Vincent Kompany akan pulang ke klub kampung halamannya di Belgia selepas meninggalkan Manchester City. Bek 33 tahun itu bakal bergabung dengan RSC Anderlecht sebagai pemain merangkap pelatih.

Rencana tersebut diungkapkan Kompany lewat unggahan di laman Facebook miliknya Minggu (19/5/2019), dalam bentuk surat terbuka,

"Selama tiga tahun mendatang, saya akan menjadi pemain sekaligus manajer di RSC Anderlecht. Ini mungkin mengejutkan. Tetapi ini adalah keputusan yang paling menggairahkan untuk saya," ujar Kompany. 

"Saya dilahirkan di Anderlecht dan dibesarkan di klub itu. Sejak usia enam tahun, saya hanya bermain untuk Anderlecht. Sebuah tim dengan sejarah 34 gelar juara liga, mereka tak ada duanya," ujarnya.

"Saya ingin membagikan pengetahuan kepada generasi penerus warna ungu. Bersamaan dengan itu, saya akan membubuhkan unsur Manchester di jantung hati Belgia," kata Kompany.

Kompany merupakan jebolan akademi Anderlecht dan di tim senior ia meraih dua gelar juara Liga Belgia sebelum hijrah ke Hamburg SV pada 2006 dan berlabuh di City sejak 2008. Bersama City, Kompany memenangi empat Liga Inggris, dua trofi Piala FA dan empat trofi Piala Liga.

Di musim terakhirnya, Kompany menjadi bagian penting dari keberhasilan City menjadi tim pertama yang menyapu bersih tiga gelar kompetisi domestik di sepak bola Inggris. Gol tunggalnya ke gawang Leicester di pekan ke-37 menjadi salah satu penentu gelar.