Advertisement

Preview Gladbach Vs Borussia Dortmund: Peluang Penghabisan Die Borussen

Hanifah Kusumastuti
Sabtu, 18 Mei 2019 - 11:57 WIB
Budi Cahyana
Preview Gladbach Vs Borussia Dortmund: Peluang Penghabisan Die Borussen Marco Reus - Reuters/Kai Pfaffenbach

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Borussia Dortmund masih punya peluang menjuarai Bundesliga Jerman musim ini. Die Borussen mendapat keberuntungan ketika Bayern Munchen hanya berbagi skor 0-0 di markas RB Leipzig pada spieltag ke-33 lalu.

Asa Dortmund untuk meraih trofi Bundesliga pun tetap terbuka hingga spieltag terakhir yang digelar serentak, Minggu (18/5/2019) pukul 20.30 WIB. Die Borussen memang tak bisa menentukan gelar lewat tangan sendiri.

Advertisement

Dortmund tidak dijamin juara kendati menaklukkan Borussia Monchengladbach di Stadion Im Borussia-Park. Nasib mereka juga harus bergantung pada Bayern yang menjamu Eintracht Frankfurt pada partai penutup musim. Kendati demikian, tidak ada yang mustahil di sepak bola.

Harapan Dortmund sebenarnya nyaris runtuh ketika mereka dibantai 0-5 oleh Bayern pada duel der klasiker, pada spieltag ke-28, lalu. Tapi Dewi Fortuna rupanya masih sayang dengan Die Borussen, setidaknya hingga menjelang duel penutup musim.

"Pada satu hari Anda sedih karena Anda membuat kesalahan, hari berikutnya Anda senang karena kami masih bisa juara. Jadi, ya, Bundesliga memang gila," jelas penyerang Dortmund, Axel Witsel, seperti dilansir bundesliga.com, Jumat (17/5/2019).

Monchengladbach juga tidak akan memberikan kemenangan cuma-cuma untuk Dortmund. Sebab duel pamungkas musim di Im Borussia-Park bakal menjadi pertaruhan mereka lolos atau tidak ke Liga Champions musim depan.

Ya, selain mempertontonkan sengitnya pertarungan juara antara Bayern dengan Dortmund, spieltag penutup Bundesliga musim ini juga menjadi panggung penentuan tiket ke Liga Champions. Monchengladbach bersaing sengit dengan Bayer Leverkusen, Eintracht Frankfurt, dan Wolfsburg untuk finis di posisi keempat klasemen Bundesliga.

Monchengladbach memimpin sementara dalam perebutan posisi keempat itu. Namun, mereka hanya dipisahkan keunggulan selisih gol ketimbang Leverkusen, sebiji poin atasi Frankfurt, dan tiga poin atas Wolfsburg.

Dortmund bisa mengandalkan kapten mereka, Marco Reus, yang kembali berlaga setelah menjalani sanksi larangan bertanding dua laga. Reus sangat mengenal betul Im Borussia-Park karena pernah membela Monchengladbach pada 2009-2012. Gelandang berjuluk Si Burung Pelatuk ini memiliki catatan apik ketika berkunjung ke mantan klubnya.

Reus selalu mencetak gol dalam tiga kunjungan terbaru ke Im Borussia-Park. Total, pemain berusia 29 tahun itu memetik delapan kemenangan, mencetak tujuh gol, dan lima assist dalam 10 pertandinngan di markas Monchengladbach. Die Borussen juga mengantongi tren apik dalam duel bertajuk The Battle of the Borussias ini, yakni dengan menang tujuh pertemuan beruntun dan moncer dengan 24 gol. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Olimpiade Paris 2024, Obor Api Dimulai Dinyalakan dari Reruntuhan Kuil Hera di Yunani

Olahraga
| Senin, 15 April 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement