China Calon Tunggal Tuan Rumah Piala Asia 2023

Pelatih Timnas Qatar Felix Sanchez Bas ketika mengantar anak asuhnya juara Piala Asia 2019. - Reuters/Stefan Wermuth
16 Mei 2019 23:27 WIB M. Syahran W. Lubis Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA – China menjadi calon tunggal tuan rumah turnamen Piala Asia 2023 setelah satu-satunya kandidat sebelumnya, Korea Selatan, mengundurkan diri.

Asosiasi Sepak Bola Korsel (KFA) memberi tahu Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) tentang niat mereka untuk mengurungkan diri dari pencalonan pada Rabu (15/5/2019). Keputusan tersebut jalan bagi China untuk menjadi tuan rumah turnamen untuk yang kedua kalinya.

China sebelumnya juga bertindak sebagai tuan rumah pada 2004. Ketika itu tuan rumah menyerah 1-3 dari Jepang dalam pertandingan final di Beijing.

“Kami mesti membuat pilihan antara menyelenggarakan Piala Asia 2023 dan Piala Dunia Wanita,” kata Sekjen KFA Chun Hanjin dalam pernyataan di laman resmi organisasi tersebut sebagaimana dikutip Reuters pada Kamis (16/5/2019).

KFA memilih Piala Dunia Wanita karena lebih strategis dengan pertimbangan Pemerintah Korsel danFIFA mendukung dua Korea bersama Korea Utara menjadi tuan rumah bersama.

KFA pada Maret lalu mengumumkan pencalonan sebagai tuan rumah bersama Korea dan Korut untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia Wanita. Argentina, Australia, Bolivia, Brakil, Kolombia, Jepang, Selandia Baru, dan Afrika Selatan juga mencalonkan diri.

Meski China sudah hampir pasti menjadi tuan rumah Piala Asia 2023, AFC dijadwalkan baru akan secara resmi mengumumkannya pada 4 Juni 2019. Qatar, tuan rumah Piala Dunia 3 tahun nanti, tampil sebagai juara Piala Asia 2019 di Uni Emirat Arab pada awal tahun ini dengan menundukkan Jepang 3 - 1 di final.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia