Menang Besar di Laga Pamungkas, Ajax Amsterdam Kampiun Liga Belanda

Matthijs de Ligt - Reuters/Eva Plevier
16 Mei 2019 03:27 WIB Budi Cahyana Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Ajax Amsterdam menjadi kampiun Eredivisie untuk kali ke-34 setelah pada laga pekan terakhir mengalahkan sahibulbait De Graafschap 4-1 di Stadion De Vijberberg, Kamis (16/5/2019) dini hari WIB.

Ajax memuncaki klasemen akhir dengan nilai 86, unggul tiga angka dari saingan terdekatnya, PSV Eindhoven yang di laga pamungkas mengalahkan tamunya, Heracles Alemao, dengan skor 3-1 di Philips Stadion.

Empat gol De Godenzonen yang memastikan trofi juara dihasilkan lewat tendangan bebas Lesse Schone di menit ke-37, sepakan Nicolas Tagliafico di menit ke-44, penalti Dusan Tadic di menit ke-68, dan tendangan keras kaki kiri nan indah oleh Dusan Tadic di menit ke-87. Satu-satunya gol De Graafschap dihasilkan Youssef El Jebi di menit ke-40.

Ini menjadi gelar ke-34 Ajax Amsterdam, paling banyak dari semua klub Belanda. Pertandingan pamungkas musim 2018-2019 ini juga menjadi partai perpisahan bagi tiga pemain muda yang melesat musim ini: Frenkie de Jong, Matthijs de Ligt, dan Donny van de Beek.

De Jong sudah pasti pindah ke Barcelona. De Ligt juga akan menyusul ke Barcelona, menunggu Ajax memastikan gelar sembari merampungkan detail transfer. Adapin Van de Beek menjadi rebutan Barcelona, Real Madrid, dan Bayern Munchen.