Preview PSIS Vs Kalteng Putra: Sahibulbait Andalkan Tuah Moch. Soebroto

Penyerang PSIS Komaruddin - Antara/Ari Bowo Sucipto
16 Mei 2019 05:57 WIB Imam Yuda Saputra Sepakbola Share :

Harianjogja.com, SEMARANG – PSIS Semarang akan melakoni laga perdana Liga 1 2019 dengan menjamu tim promosi, Kalteng Putra FC, di Stadion Moch Soebroto, Magelang, Kamis (16/5/2019).

Di atas kertas, skuat berjuluk Mahesa Jenar itu lebih diunggulkan atas tamunya. Selain karena bermain di kandang sendiri dengan dukungan penuh suporter, Stadion Moch. Soebroto memang terkenal angker bagi lawan-lawan PSIS Semarang.

Musim lalu, beberapa tim papan atas Liga 1 bahkan pernah merasakan menjadi korban keganasan PSIS di kandang. Sebut saja nama-nama seperti, Persipura Jayapura dan Persib Bandung.

Sementara, Kalteng Putra FC juga sempat merasakan kekalahan atas PSIS di Stadion Moch. Soebroto. Saat itu, Kalteng Putra yang diperkuat Patrich Wangga, Feri Pahabol, dan Diogo Campos takluk 0-1 dari PSIS pada laga Piala Presiden.

Kondisi itulah yang membuat PSIS menatap laga perdana nanti dengan penuh optimistis. Apalagi, skuat besutan Jafri Sastra itu bakal tampil dengan kekuatan terbaik.

Seluruh pemain bisa diturunkan, termasuk striker pinjaman dari Persija Jakarta, Silvio Escobar, yang menggantikan striker asal Brasil, Claudir Marini Jr. Marini harus absen dan kemungkinan tidak bisa memperkuat PSIS selama putaran pertama Liga 1 karena masih mengalami cedera pada kakinya.

“Kondisi semua pemain tidak ada masalah, Claudir Marini juga sudah digantikan Escobar. Tapi, saya masih akan melihat kondisi terakhir pemain untuk menentukan siapa yang jadi starting line up,” ujar Pelatih PSIS, Jafri Sastra, saat sesi jumpa pers, Rabu (15/5).

Tak akan ada banyak perubahan di susunan starting line up pemain PSIS saat menghadapi Kalteng Putra nanti. Seperti saat uji coba melawan Arema FC, Sabtu (11/5), Jafri kemungkinan akan kembali memainkan Joko Ribowo di posisi penjaga gawang.

Kemudian Safrudin Tahar, Wallace Costa, Fauzan Fajri, dan Fredyan Wahyu di posisi bek. Di lini tengah, PSIS akan menurunkan Patrick Mota, Bayu Nugroho, dan Tegar Infantrie. Sedangkan di posisi depan akan dipercayakan pada Hari Nur Yulianto, Komarudin, dan Escoba sebagai ujung tombak.

“Kami sudah pernah bertemu Kalteng di Piala Presiden kemarin. Jadi sudah sedikit banyak tahu kekuatan mereka. Kalteng juga tidak begitu melakukan perombakan besar di skuatnya. Target kami tetap meraih poin penuh,” imbuh Jafri.

Sementara itu, bek PSIS, Safrudin Tahar mengaku laga melawan Kalteng Putra nanti akan menjadi duel yang berat. Hal itu dikarenakan laga kontra Laskar Isen Mulang, julukan Kalteng Putra, menjadi laga yang pertama dalam kompetisi Liga 1 musim ini.

“Ini akan mejadi pertandingan yang berat karena awal kompetisi. Tapi kami akan berusaha semaksimal mungkin dan mengikuti instruksi pelatih,” ujar Tahar.

Di kubu Kalteng Putra, tim berjulukan Laskar Isen Mulang ini akan kembali menggunakan strateg  sama seperti saat bertarung di Piala Presiden 2019. Kalteng Putra akan mengandalkan trio Feri Pahabol, Patrich Wanggai dan Diogo Campos di sektor depan.

Pelatih Kalteng Putra, Gomes de Oliveira menilai progres timnya cukup bagus untuk melakoni laga pertama melawan PSIS.

“Perkembangan tim sangat bagus. Mereka kelihatan kompak. Kami akan berusaha sekuat tenaga untuk tidak kalah di pertandingan pertama,” kata Gomes.

Sumber : JIBI/Solopos