Advertisement

Prabowo Tolak Hasil Pemilu, TKN Minta Anggota DPR Gerindra Tak Perlu Dilantik

Aziz Rahardyan
Rabu, 15 Mei 2019 - 21:52 WIB
Budi Cahyana
Prabowo Tolak Hasil Pemilu, TKN Minta Anggota DPR Gerindra Tak Perlu Dilantik Abdul Kadir Karding (kiri) - JIBI/Bisnis Indonesia/Muhammad Ridwan

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Kubu Jokowi-Ma'ruf mengkirtik kubu Prabowo-Sandi yang tak mau mengakui hasil Pilpres 2019. Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Abdul Kadir Karding menilai ketidakpercayaan Prabowo Subianto kepada hasil Pemilu 2019 akan berpengaruh pada legitimasi Pemilu Legislatif (Pileg).

"Kalau tidak mengakui hasil pilpres sebenarnya secara tidak langsung pileg juga tidak diakui. Kalau tidak diakui, itu artinya anggota DPR RI dari Gerindra dan termasuk partai koalisi 02 tidak pantas dan patut dilantik  karena secara institusi mereka menolak itu," ungkap Karding, Rabu (15/5/2019).

Kendati demikian, Karding mengharapkan ungkapan tersebut hanyalah letupan emosi sesaat Prabowo saja, bukan sikap politik yang permanen. Sebab, menurut Kading, hal ini akan membekas sebagai pendidikan politik yang kurang baik di kalangan masyarakat.

"Kita ketahui, bahwa Indonesia banyak pemilihan umum mulai dari kepala desa, bupati, wali kota, dan seterusnya. Dengan perilaku tidak siap kalah seperti ini akan bisa jadi preseden buruk di masa mendatang," ujarnya.

Menurutnya, jika mau lebih baik, ditunggu dulu hasil pemilunya seperti apa. Setelah itu dipelajari sedemikan rupa dan jika ada kecurangan dilaporkan ke Bawaslu.

"Kalau penyelenggara curang, laporkan ke DKPP. Kalau dari hasil Pemilu ada yang tidak puas, silakan ke MK. Itulah jalur yang disediakan oleh UU bahkan UUD," tutupnya.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

PLN Mobile Proliga 2024 di Yogyakarta Resmi Dibuka, Jakarta Elektrik PLN Siap Berlaga

Olahraga
| Jum'at, 26 April 2024, 13:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement