Aguero & Messi Masuk Skuat Sementara Argentina ke Copa America

Sergio Aguero - Reuters
15 Mei 2019 22:47 WIB M. Syahran W. Lubis Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA – Striker Manchester City Sergio Aguero dan penyerang Barcelona Lionel Messi menjadi bagian dari skuat sementara Timnas Argentina untuk Copa America di Brasil bulan depan.

Aguero, yang mencetak 21 gol dalam 33 penampilan di Liga Primer Inggris 2018-2019, tak lagi bermain untuk negaranya sejak Piala Dunia 2018. Kala itu, Argentina tersingkir di babak 16 besar, kalah 3 - 4 dari Prancis yang kemudian juara. AFA akan mengumumkan Timnas Argentina ke Copa America pada Kamis (16/5/2019) pagi WIB, sebelum dua pekan berikutnya dipangkas menjadi hanya 23 pemain.

"Kun [Aguero] termasuk yang dipanggil,” kata satu sumber di Timnas Argentina yang meminta agar namanya tidak disebutkan.

Sumber kedua juga menginformasikan hal yang sama. Menurut dia, jumlah gol yang dicetaknya menjadi rujukan bagi pelatih Lionel Scaloni untuk memanggil kembali Aguero ke tim tersebut.

Aguero memainkan peran penting sepanjang musim ini untuk membawa City juara Liga Primer dengan pertandingan terakhir menang telak 4 - 1 di markas Brighton & Hove Albion. Di laga tersebut dia mencetak gol pertama City pada menit ke-28, semenit setelah Brighton unggul lebih dahulu melalui Glenn Murray.

Selain Aguero, bintang Barcelona Lionel Messi dan penyerang PSG Angel di Maria pun dipanggil masuk tim Tango.

Copa America tahun ini digelar di Brasil mulai 14 Juni hingga 7 Juli, menampilkan 10 tim anggota Conmebol dan menyertakan dua tim undangan dari Asia yakni Qatar dan Jepang, yang berstatus juara dan runner up Piala Asia 2019.

Argentina juara 14 kali Copa America, satu trofi lebih sedikit dari Uruguay yang menjadi pengoleksi terbanyak titel kejuaraan antarnegara Amerika Selatan itu. Namun, Argentina puasa gelar di turnamen besar apa pun sejak 1993. Kala itu, Gabriel Batistuta menjadi mesin gol dan memberikan gelar juara Copa America di Ekuador.

Cile merupakan juara Copa America dua edisi terakhir, 2015 dan 2016. Dua-duanya menaklukkan Argentina di final melalui adu penalti setelah permainan selama 120 menit imbang tanpa gol.

Di turnamen kali ini, Argentina merupakan unggulan Grup B dan akan bersaing dengan Kolombia, Paraguay, dan Qatar. Tuan rumah Brasil sebagai unggulan Grup A bersama Benezuela, Bolivia, dan Peru. Grup C diisi Uruguay sebagai unggulan bersama juara bertahan Cile, Ekuador, dan Jepang.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia