Wasit Liga 1 Akan Ditentukan Badan Independen

Riko Simanjuntak (kiri) dan Marko Simic, dua pemain yang berjasa besar membawa Persija juara Liga 1 2018. - Antara/Suwandy
13 Mei 2019 22:17 WIB Newswire Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA—Direktur PT Liga Indonesia Baru (LIB) Dirk Soplanit memastikan perusahaan pengelola Liga 1 tersebut tidak akan ikut campur dalam hal pemilihan wasit. PSSI juga tidak akan terlibat.

Hal ini dilakukan sebagai terobosan baru untuk mengurangi praktik match fixing atau pengaturan skor. Wasit kelak akan dipilih oleh badan independen di luar PSSI dan PT LIB.

Namun, rencana tersebut belum bisa dilakukan dalam waktu dekat ini. PSSI kini masih mencari pihak ketiga untuk diajak bekerja sama.

“Salah satu hal yang disorot banyak pihak yaitu soal wasit. Bersama PSSI, kami bangun komunikasi semoga jalannya liga ini memakai badan independen untuk mengelola wasit,” kata Dirk Soplanit di kawasan Senayan, Jakarta, Senin (13/5).

Terobosan tersebut harus terwujud guna menjawab keraguan masyarakat Indonesia terkait kinerja wasit.

“Badan independen ini akan 100 persen menilai wasit. Mana yang mau ditugaskan, mana istirahat, dan mana tidak pantas. Jadi kami tidak ikut campur,” ujar dia.

Liga 1 2019 akan dimulai pada 15 Mei mendatang. PSS Sleman akan melakoni laga pembuka kontra Arema FC di Stadion Maguwoharjo, Sleman. 

Sumber : Suara.com