Advertisement

Wasit Liga 1 Akan Ditentukan Badan Independen

Newswire
Senin, 13 Mei 2019 - 22:17 WIB
Budi Cahyana
Wasit Liga 1 Akan Ditentukan Badan Independen Riko Simanjuntak (kiri) dan Marko Simic, dua pemain yang berjasa besar membawa Persija juara Liga 1 2018. - Antara/Suwandy

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Direktur PT Liga Indonesia Baru (LIB) Dirk Soplanit memastikan perusahaan pengelola Liga 1 tersebut tidak akan ikut campur dalam hal pemilihan wasit. PSSI juga tidak akan terlibat.

Hal ini dilakukan sebagai terobosan baru untuk mengurangi praktik match fixing atau pengaturan skor. Wasit kelak akan dipilih oleh badan independen di luar PSSI dan PT LIB.

Advertisement

Namun, rencana tersebut belum bisa dilakukan dalam waktu dekat ini. PSSI kini masih mencari pihak ketiga untuk diajak bekerja sama.

“Salah satu hal yang disorot banyak pihak yaitu soal wasit. Bersama PSSI, kami bangun komunikasi semoga jalannya liga ini memakai badan independen untuk mengelola wasit,” kata Dirk Soplanit di kawasan Senayan, Jakarta, Senin (13/5).

Terobosan tersebut harus terwujud guna menjawab keraguan masyarakat Indonesia terkait kinerja wasit.

“Badan independen ini akan 100 persen menilai wasit. Mana yang mau ditugaskan, mana istirahat, dan mana tidak pantas. Jadi kami tidak ikut campur,” ujar dia.

Liga 1 2019 akan dimulai pada 15 Mei mendatang. PSS Sleman akan melakoni laga pembuka kontra Arema FC di Stadion Maguwoharjo, Sleman. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Olimpiade Paris 2024, Obor Api Dimulai Dinyalakan dari Reruntuhan Kuil Hera di Yunani

Olahraga
| Senin, 15 April 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement