Persaingan di Bundesliga Kali Ini Paling Sengit dalam Satu Dekade

Robert Lewandowski - Reuters/Kai Pfaffenbach
13 Mei 2019 18:32 WIB Chrisna Chaniscara Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Perasaan Bayern Munchen boleh jadi campur aduk setelah mereka ditahan imbang tanpa gol oleh RB Leipzig di Red Bull Arena, Sabtu (11/5/2019) malam WIB. Hasil seri memang membuat Bayern gagal menyegel gelar di pekan ke-33 lantaran rivalnya, Borussia Dortmund, sukses menjinakkan Fortuna Dusseldorf dengan skor 3-2.

Dortmund kini menipiskan jarak dengan Bayern menjadi tinggal dua poin jelang duel terakhir Bundesliga akhir pekan ini. Namun kondisi tersebut justru menciptakan peluang bagi The Bavarians untuk merayakan gelar ke-29-nya di Bundesliga di hadapan publik sendiri  saat menjamu Eintracht Frankfurt di Allianz Arena, Sabtu (18/5) malam WIB. Jika menang, Bayern bakal mengangkat trofi ketujuh beruntun di kompetisi domestik, apapun hasil Dortmund melawan Borussia Monchengladbach.

Dilansir Bundesliga, Minggu (12/5/2019), Bayern belum pernah merayakan trofi Bundesliga di kandang mereka sejak musim 1999/2000. Artinya perayaan gelar nanti bakal sangat spesial bagi Die Roten, julukan lain Bayern. Hal tersebut juga bisa menjadi klimaks menyusul ketatnya persaingan Bayern dengan Dortmund dalam persaingan gelar musim ini. Sejak 2009, baru kali ini penentuan gelar juara ditentukan hingga pekan terakhir. “Perayaan gelar di kandang sendiri tentu bakal menyenangkan bagi fans, meski sejatinya itu lebih baik apabila kami lakukan sejak dua pekan lalu,” ujar bek Bayern, Niklas Sule, dilansir Bundesliga, Minggu.

Masalahnya, Frankfurt tentu bukan tim yang mudah dikalahkan. Luka Jovic dkk. tampil impresif sepanjang musim di Bundesliga maupun Liga Europa. Namun performa Frankfurt belakangan kendur setelah gagal menang dalam lima laga terakhir di semua ajang. Pelatih Bayern, Niko Kovac, optimistis bisa memastikan gelar juara di kandang sendiri. “Ini akan menjadi laga final. Saya yakin para penggemar akan sangat antusias dan menciptakan suasana yang hebat. Itu akan meningkatkan semangat dan ambisi kami untuk menang,” tegas pelatih asal Kroasia itu.

Di lain pihak, Dortmund belum mau lempar handuk meski peluang juara mereka tergantung hasil tim lain. Gelandang Dortmund, Mario Gotze, mengaku hanya akan fokus di laga melawan Gladbach alih-alih memikirkan hasil laga Bayern. “Semuanya memang tergantung Frankfurt, tapi kami juga punya laga berat melawan Gladbach, tim yang masih bersaing untuk empat besar. Kami hanya akan fokus ke hal yang dapat kami kontrol,” ujarnya.