Advertisement

City Boleh Jadi Juara, Urusan Datangkan Fulus, Liverpool Pemenangnya

Hanifah Kusumastuti
Senin, 13 Mei 2019 - 17:22 WIB
Budi Cahyana
City Boleh Jadi Juara, Urusan Datangkan Fulus, Liverpool Pemenangnya Suporter Liverpool - Reuters/Carl Recine

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Manchester City boleh saja menjuarai Liga Premier Inggris. Namun, untuk urusan mengeruk pundi-pundi fulus, Liverpool pemenangnya.

Liverpool menjadi tim yang paling sukses mendatangkan pemasukan. The Reds  diperkirakan mengantongi total uang 149,5 juta paun (Rp2,78 triliun) musim ini. Uang tersebut adalah kalkulasi dari bonus laga-laga yang disiarkan langsung di televisi, hadiah posisi di tabel klasemen, serta hak siar TV.

Advertisement

Pemasukan The Reds itu lebih banyak ketimbang Machester City. The Citizens, julukan City, diperkirakan 148,1 juta paun (Rp2,75 triliun).

Salah satu faktor yang mengerek pemasukan Liverpool karena jumlah laga Roberto Firmino dkk. yang disiarkan televisi lebih banyak ketimbang tim-tim lain. Setidaknya, terdapat 29 pertandingan anak asuh Jurgen Klopp yang bisa disaksikan di layar kaca selama musim ini. Sebanyak 29 pertandingan itu disiarkan lewat Sky Sports dan BT.

Manchester United menempati urutan kedua setelah Liverpool dari jumlah laga yang disiarkan secara live. Meski musim ini terpuruk di peringkat keenma klasemen, jumlah penampilan Paul Pogba cs. yang disiarkan menembus 27 laga. Selanjutnya, City dengan 26 pertandingan, termasuk melawan Brighton & Hove Albion, Minggu malam WIB tadi.

Masing-masing klub mendapat garansi pemasukan minimum untuk pertandingan yang disiarkan TV senilai 12,5 juta paun (Rp232,6 miliar), dengan tambahan 1,2 juta paun per live match ketika sudah menembus 10 laga. Dari 29 laga yang disiarkan langsung TV itu, Liverpool sudah mengeruk pemasukan 3,4 juta paun (Rp63,2 miliar), cukup untuk menyalip pemasukan City dari bonus posisi tabel klasemen.

Posisi di tabel klasemen memang memengaruhi pemasukan. Bagi tim yang finis juru kunci alias peringkat ke-20, Huddersfield Town, mengantongi 1,9 juta paun (Rp35,3 miliar). Jumlah tersebut dilipatkan setiap kali naik satu undakan. Jadi posisi di atas Huddersfield, Fulham, mengantongi 3,8 juta paun, dan peringkat ke-17, Cardiff City, meraup 5,7 juta paun, begitu seterusnya sampai peringkat pertama. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Proliga Hari Pertama, Jakarta Pertamina Enduro Kalahkan Bandung BJB

Olahraga
| Jum'at, 26 April 2024, 10:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement