Advertisement

Kalahkan Juventus 2 - 0, Roma Jaga Peluang ke Liga Champions Musim Depan

M. Syahran W. Lubis
Senin, 13 Mei 2019 - 05:57 WIB
Budi Cahyana
Kalahkan Juventus 2 - 0, Roma Jaga Peluang ke Liga Champions Musim Depan Bomber AS Roma Edin Dzeko - Reuters/Albert Gea

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA – AS Roma memperpanjang peluang finis di zona Liga Champions Eropa setelah menghantam Juventus 2 - 0 dalam pertandingan giornata ke-36, Senin (13/5/2019) dini hari WIB di Stadion Olimpico Roma.

Il Lupi meraup tiga poin berkat gol Alessandro Florenzi pada menit ke-79 dan Edin Dzeko ketika laga telah memasuki waktu tambahan.

Dzeko bukan hanya berhasil menggandakan tuan rumah berjuluk I Lupi alias Serigala, melainkan juga memasok assist untuk gol pertama yang memecah kebuntuan akibat perlawanan sengit Juventus meski Si Nyonya Tua tidak memerlukan poin lagi lantaran sudah memastikan mempertahankan gelar.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Dengan kemenangan tersebut, Roma kini mengumpulkan nilai 62 dan menempati peringkat keenam yang merupakan slot khusus untuk masuk jalur kualifikasi Liga Europa, kompetisi antarklub Eropa kelas dua setelah Liga Champions.

Perolehan nilai Roma yang 62 itu sama dengan AC Milan yang berada di setrip kelima, tetapi Roma harus satu setrip di bawahnya karena kalah head to head walaupun unggul selisih gol 17 berbanding 16 milik Milan.

Kini Roma dan Milan berjarak 1 angka saja di belakang Inter Milan di posisi keempat atau slot terbawah zona tiket Liga Champions musim depan. Namun, Inter berpotensi menjauhi Milan dan Roma jika mampu menaklukkan Chievo Verona pada Selasa (14/5/2019) mulai pukul 02.00 WIB.

Dalam pertandingan lain, Empoli memperpanjang harapan untuk bertahan di Serie A musim depan dengan mencatat kemenangan 2 - 1 atas tuan rumah Sampdoria di Stadion Luigi Ferraris di kota pelabuhan Genoa.

Ketiga gol terjadi di babak kedua. Empoli sempat unggul dua gol setelah Diego Farias membuka skor pada menit 56 dan Giovanni di Lorenzo menggandakan keunggulan tamu pada menit 75 ke gawang Sampdoria yang dikawal Emil Audero Mulyadi.

Gol Di Lorenzo ini memanfaatkan bola rebound hasil tendangan penalti Francesco Caputo yang sempat diblok Emil Mulyadi, penjaga gawang berdarah Indonesia kelahiran Mataram, Nusa Tenggara Barat, 22 tahun lalu.

Advertisement

Wasit Daniele Doveri menetapkan penalti setelah pemain belakang Sampdorio Lorenzo Tonelli melanggar Diego Farias di area kotak terlarang.

Sementara, satu-satunya gol balasan tuan rumah dicetak dari titik penalti yang sukses dieksekusi penyerang gaek berusia 36 tahun Fabio Quagliarella ketika pertandingan babak kedua sudah memasuki waktu tambahan.

Wasit Doveri kembali menetapkan penalti, kali ini untuk tuan rumah, lantaran bek Empoli Frederic Vaseli melanggar penyerang Sampdoria Marco Sau.

Advertisement

Dengan kemenangan itu, Empoli memang belum keluar dari zona degradasi, tepatnya di peringkat ke-18 dengan nilai 35 atau hanya berjarak 1 angka dari batas aman. Dengan masih menyisakan dua laga lagi, kans Empoli untuk terhindar dari degradasi masih cukup besar.

Adapun dua tim terbawah klasemen sementara yakni Frosinone dan Chievo Verona sudah dipastikan degradasi sehingga harus bertarung di Serie B musim depan.

Hasil pertandingan pekan ke-36 hingga Senin dini hari WIB: Atalanta 2 vs Genoa 1; Cagliari 1 vs Lazio 2; Fiorentina 0 vs AC Milan 1; Torino 3 vs Sassuolo 2; Sampdoria 1 vs Empoli 2; Frosinone 1 vs Udinese 3; SPAL 1 vs Napoli 2; AS Roma 2 vs Juventus 0.

Jadwal berikutnya: Selasa, 14 Mei pukul 00.00 Bologna vs Parma, pk 02.00 Inter Milan vs Chievo Verona.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Setelah 26 Tahun, Petenis Legendaris Yayuk Basuk Akui Mengalah di US Open 1996 Demi Bela DIY

Olahraga
| Selasa, 27 September 2022, 07:07 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement