Bayern Bisa Juara Malam Ini

Robert Lewandowski (kiri) dan Joshua Kimmich. - Reuters/Ralph Orlowski
11 Mei 2019 11:27 WIB Chrisna Chaniscara Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Bayern Munchen bisa mengunci titel Bundesliga Jerman musim ini saat melawat ke markas RB Leipzig di Red Bull Arena, Minggu (11/5/2019) malam pukul 20.30 WIB. Robert Lewandowski dkk. hanya butuh satu kemenangan lagi untuk merebut trofi ketujuh mereka secara beruntun sekaligus memecundangi Borussia Dortmund yang sempat memimpin di pertengahan musim.

Sempat tertinggal sembilan angka pada akhir 2018, Bayern kini justru unggul empat poin atas rivalnya itu. Titik balik kebangkitan Die Roten terjadi di pekan ke-28 saat mereka menghantam Dortmund dengan skor 5-0 dalam laga bertajuk Der Klassiker. Angin juara kian mengarah ke kubu Bayern setelah pekan lalu Die Broussen ditahan imbang Werder Bremen dengan skor 2-2 meski sempat unggul 2-0.

Dengan menyisakan dua pertandingan lagi, Bayern tak perlu menunggu hingga laga pamungkas untuk menyegel juara apabila menang atas Leipzig, terlepas hasil Dortmund melawan Fortuna Dusseldorf yang digelar di waktu bersamaan.Alamat bahaya jika Bayern gagal menang atas Leipzig karena di pekan terakhir mereka akan bertemu Eintracht Frankfurt, klub yang masih berjuang untuk satu tempat di Liga Champions. Dortmund sendiri diprediksi tak akan kesulitan membekuk tim medioker macam Dusseldorf.

Pelatih Leipzig, Ralf Rangnick, sudah melemparkan psywar bahwa timnya tak akan memberikan karpet merah bagi Bayern untuk merayakan gelar di Red Bull Arena. Leipzig memang punya kapasitas untuk menjegal Bayern menyusul rekor tak terkalahkan mereka dalam tujuh laga terakhir di Bundesliga. Enam di antaranya berujung kemenangan bagi Die Roten Bullen, julukan Leipzig. Hasil itu membuat Emil Forsberg dkk. berada di peringkat ketiga dan masih berpeluang merangsek ke posisi dua di akhir musim. ”Kami ingin menunjukkan pada Bayern Sabtu nanti bahwa kami adalah tim top,” ujar Rangnick seperti dilansir ABC, Jumat.

Bayern memang mesti waspada jika tak ingin mengulang kekalahan 1-2 di Red Bull Arena musim lalu. Meski demikian, tim tamu sejatinya punya modal bagus untuk mencuri kemenangan atas Leipzig. Sejak takluk 1-2 dari Bayer Leverkusen 2 Februari lalu, Die Roten belum pernah menderita kekalahan di Bundesliga. Sebanyak 10 dari 12 laga setelah itu bahkan berbuah kemenangan bagi The Bavarians. Pelatih Bayern, Niko Kovac, menegaskan penentu gelar juara Bundesliga kini berada di tangan mereka sendiri. “Kami punya dua laga lagi dan kami akan mencoba memenangkan yang pertama melawan Leipzig. Namun kami tahu kami sedang berbicara tentang lawan yang sangat kuat,” ujar Kovac.

Bayern sendiri tak dapat memainkan Manuel Neur, Javi Martinez dan James Rodriguez yang masih dibebat cedera. Adapun tuan rumah harus tampil tanpa Kevin Kampl yang terkena akumulasi kartu.