Liga Inggris Berkuasa di Liga Champions & Liga Europa serta Ciptakan Sejarah di Eropa

Dua penyerang Arsenal, Alexandre Lacazette (kiri) dan Pierre Emerick Aubameyang. - Reuters/Arsenal
10 Mei 2019 05:57 WIB Budi Cahyana Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Liga Premier Inggris menciptakan sejarah di Eropa. Untuk kali pertama, empat finalis dua kompetisi Eropa berasal dari satu negara dan tim-tim asal Inggris yang sukses menorehkan catatan spesial tersebut.

Di final Liga Champions, Liverpool akan menghadapi Tottenham Hotspur pada Minggu (2/6/2019) dini hari WIB di Stadion Wanda Metropolitano, Madrid. Liverpool melangkah ke final setelah menyingkirkan Barcelona dengan agregat gol 4-3. Sementara, Spurs melaju ke partai puncak setelah secara heroik menang gol tandang atas Ajax Amsterdam dalam agregat 3-3.

Di Liga Europa, Arsenal akan bertemu Chelsea pada partai puncak di Baku Olympic Stadium, Azerbaijan, Kamis (30/5/2019) dini hari WIB. Arsenal melangkah ke final setelah menyingkirkan Valencia dengan agregat 7-3, sedangkan Chelsea menang 4-3 lewat adu penalti atas Frankfurt setelah imbang agregat gol 2-2.

Belum pernah sekali pun finalis Liga Champions dan Liga Europa berasal dari satu negara. Yang sudan sering terkadi adalah finalis Liga Champions berasal dari saru negara dan finalis Liga Europa berasal dari satu negara lain yang berbeda.

Musim ini, empat finalis Liga Champions dan Liga Europa adalah penghuni lima besar papan klasemen sementara Liga Premier. Ironisnya, sang pemuncak klasemen, Manchester City, gagal ke empat besar Liga Champions karena kalah dari Tottenham Hotspur di perempat final.