Ini Rekor Bagus Liverpool & Catatan Jelek Barcelona Setelah Semifinal Luar Biasa

Liverpool - Reuters/Lee Smith
08 Mei 2019 05:12 WIB Budi Cahyana Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Liverpool menegaskan diri sebagai raja comeback di Liga Champions setela menyingkirkan Barcelona, Rabu (8/5/2019) dini hari WIB.

Pada semifinal pertama di Camp Nou, Liverpool takluk 0-3, tetapi kemudian membalas saat menjadi tuan rumah semifinal kedua di Anfield dengan skor lebih telak, 4-0. Striker Divock Origi dan gelandang Giorginio Wijnaldum masing-masing mencetak brace. Origi melesakkan gol di menit ketujuh dan 79, sedangkan Wijnaldum mengoyak jala Barcelona di menit ke-54 dan 56. 

Skor telak dan keberhasilan Liverpool menumbangkan Barcelona melahirkan beberapa catatan penting. Ini daftarnya.

Liverpool mempertajam rekor sebagai tim Inggris paling sering lolos ke final Liga Champions, yakni sembilan kali. Liverpool juga lebih sering melaju ke final ketimbanh Barcelona yang baru delapan kali.

Fabinho menjadi pemain paling menonjol dalam sistem permainan agresif yang diterapkan Jurgen Klopp. Dia 100% memenangi duel, 10 kali merebut bola, empat kali menekel, dan satu kali memotong operan pemain Barca.

Liverpool menjadi tim pertama dalam sejarah Liga Champions yang mampu melaju ke final meski di semifinal pertama kalah 0-3.

Luis Suarez adalah jago kandang yang memble ketika bermain di markas lawan. Dia sudab absen mencetak gol dalam 18 laga tandang di Liga Champions.

Barcelona menyamai kekalahan terbesar yang mereka derita di Liga Champions. Sebelumnya, Azulgrana empat kali kalah 0-4, yakni saat melawan Milan (1994), Dynamo Kiev (1997), Bayern (2013), dan PSG (2017).

Barcelona jadi tim pertama di Liga Champions yang tersingkir meski sudab mengantongi keunggulan tiga gol di laga pertama. Musim lalu, Barca kalah gol tandang dari Roma  di perempat final dengan agregat 4-4. Di Camp Nou, Barca menang 4-1 dan di Olimpico kalah 0-3.