Anak-Anak Tuhan Berpeluang Mengulang Kesuksesan Era Johan Cruyff

Suporter Ajax Amsterdam - Reuters/Eva Plevier
07 Mei 2019 21:47 WIB Hanifah Kusumastuti Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Hanya Barcelona dan Ajax Amsterdam, tim di Eropa, yang masih berpeluang merengkuh treble winner musim ini. Ajax telah mengamankan satu dari tiga gelar yang berpeluang mereka peroleh setelah menundukkan Willem II dengan skor 4-0 pada final Piala KNVB, di Stadion Feijenoord, Rotterdam, Minggu (5/5/2019) malam WIB.

Striker gaek Ajax, Klaas Jan Huntelaar, memborong dua gol pada partai puncak turnamen yang beralias KNVB Beker ini. Sedangkan dua gol lain tim berjuluk De Godenzonen (Anak-Anak Tuhan)disokong Daley Blind dan Rasmus Kristensen.

Ini merupakan trofi pertama Ajax selama lima tahun silam. Tapi Ajax ternyata tidak puas dengan hanya meraih gelar Piala KNVB. Mereka ingin menyempurnakan musim ini dengan juara Eredivisie dan Liga Champions. Di Eredivisie, Ajax mengoleksi poin yang sama dengan rival abadi mereka, PSV Eindhoven, dalam dua laga tersisa. Namun, mereka unggul dalam urusan selisih gol. Sedangkan di Liga Champions, Frenkie de Jong cs. membawa modal kemenangan 1-0 ketika menjamu Tottenham Hotspur pada leg kedua semifinal di Johan Cruyff Arena, Kamis (9/5/2019) dini hari WIB.

"Ini sudah lama sejak Ajax memenangi sebuah trofi dan musim ini semua masih berpeluang dimenangi. Sampai sekarang, segalanya berjalan sempurna, namun kami belum puas," jelas Pelatih Ajax, Erik Ten Hag kepada NOS, seperti dilansir dutchnews.nl.

Ajax merupakan satu dari tujuh tim di Eropa yang pernah merasakan treble winner alias menyapu trofi Liga Champions, liga domestik, dan piala domestik sekaligus dalam semusim. De Godenzonen mengukirnya sekitar setengah abad silam, tepatnya musim 1971/1972 alias ketika masih diperkuat Johan Cruyff. Cruyff dkk. membawa Ajax melibas titel Eredivisie, Piala KNVB, dan Piala Champions (sebutan lama Liga Champions).

Ten Hag pun memiliki cara agar anak asuhnya dalam kondisi prima sebelum menjamu Spurs pada leg kedua semifinal tengah pekan ini. Tiga pemain kunci Ajax, yakni Frenkie de Jong, Dusan Tadic, dan  Hakim Ziyech, diturunkan ke bangku cadangan ketika mereka sudah unggul pada awal babak kedua melawan Willem.

"Kami mendapat persiapan bagus sebelum kick-off melawan Spurs," ungkap Ten Hag.

Sumber : JIBI/Solopos