City Sukses Puncaki Klasemen karena Kompany Abaikan Perintah Pep

Vincent Kompanye (tengah). - Reuters/Phil Noble
07 Mei 2019 15:12 WIB Budi Cahyana Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA — Manchester City kembali memuncaki klasemen sementara Liga Premier Inggris 2018-2019 setelah mengalahkan tamunya, Leicester City, dengan skor tipis 1-0 pada  pertandingan pekan ke-37 di Etihad Stadium, Manchester, Inggris, Selasa (7/4/2019) dini hari WIB. Kemenangan itu lahir karena Vincent Kompany, bek tengah yang lebih kerap menghangatkan bangku cadangan, mengabaikan seruan Josep Guardiola.

Pertandingan sebenarnya berlangsung alot sejak awal. Bahkan di babak pertama, kedua tim hanya mampu bermain imbang dengan skor 0-0. Namun kebuntuan pecah saat gelandang Manchester City, Vincent Kompany, melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti di menit ke-70. Tendangan kerasnya yang mengarah ke sudut kanan atas gawang tak mampu dibendung kiper Leicester City, Kasper Schmeichel.

Sebelum Kompany melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti, Guardiola sudah berteriak agar bek Belgia itu tidak menembak, tetapi mengumpan ke rekannya yang berdiri lebih bebas.

"Saya bilang, 'Jangan temdak Vinnie, jangan tembak!" ujar Pep dikutip BBC Sport.

Kompany mengaku mendengar teriakan tersebut, bahkan tak cuma pelatihnya yang melarangnya menembak, tetapi juga rekan-rekannya.

"Saya mendengar teriakan orang-orang, 'Jangan tendang, jangan tendang.' Tetapi saya tidak akan mendengarkan pemain-pemain muda mementukan apakah saya harus menembak atau tidak, terutama setelah karier saya yang panjang," ucap pemain 33 tahun yang sudah 11 musim memperkuat Manchester City tersebut.

Keputusan Kompany tepat karena City akhirnya menang. Kapten yang dalam beberapa musim terakhir dibekap cedera itu akan habis kontrak di akhir musim ini dan Guardiola berencana menahannya agar tetap di Etihad.

"Kami akan minum bir bersama dan menentukan yang terbaik untuk klub. Dia sudah banyak membantu saya dan di banyak momen, dia menunjukkan kepemimpinan yang kami butuhkan," kata Pep mengomentari masa depan Kompany di City.

Skor 1-0 atas Leicester bertahan hingga pertandingan berakhir dan membawa Manchester City kembali ke puncak klasemen sementara. Kini, persaingan antara Manchester City dan Liverpool dalam merengkuh gelar juara Liga Inggris semakin panas di saat kompetisi hanya menyisakan satu pertandingan lagi.

Manchester City kini mengoleksi 95 poin dari 37 pertandingan, sedangkan Liverpool mengumpulkan 94 poin dari 37 pertandingan. Pertandingan terakhir musim 2018-2019 akan digelar serentak pada Minggu (12/5/2019) mendatang.