Preview AC Milan Vs Bologna: Penentuan Tiket Liga Champions untuk Rossoneri

Krzystof Piatek - Reuters/Daniele Mascolo
06 Mei 2019 18:22 WIB Chrisna Chaniscara Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Peluang AC Milan untuk melaju ke zona Liga Champions bakal ditentukan saat mereka menjamu Bologna dalam giornata ke-35 Serie A 2018-2019 di Giuseppe Meazza, Selasa (7/5/2019) dini hari WIB. Jika gagal menang, Rossoneri harus melupakan mimpi mereka ke kompetisi tertinggi Eropa musim depan.

Dengan sisa empat pertandingan, Bologna menjadi salah satu tim yang realistis dikalahkan Milan selain Frosinone dan SPAL. Satu laga lain tampaknya bakal cukup sulit karena Milan harus melawat ke markas Fiorentina di Artemio Franchi. Namun laga melawan Bologna bisa menjadi laga tricky karena lawan memiliki seorang Sinisa Mihajlovic. Eks pelatih Milan musim 2015/2016 ini mampu mengangkat performa Rossoblu setelah menggantikan Filippo Inzaghi pada akhir Januari 2019.

Sejak dipegang Miha, Bologna memetik 23 poin dari 13 laga terakhir di Seri-A berkat tujuh kemenangan dan hanya menelan empat kekalahan. Ricardo Orsolini dkk. juga selalu memetik hasil positif di dua partai terakhir yakni melawan Sampdoria (3-0) dan Empoli (3-1) yang membuat mereka semakin menjauh dari zona degradasi. Kemenangan atas Milan bahkan diyakini sudah cukup untuk memastikan Bologna bertahan di Serie A musim depan.

“Besok kami berkesempatan mengamankan posisi di Seri-A melawan tim yang tengah dalam situasi sulit. Itu berarti kami memiliki keuntungan secara psikologis meski Milan akan bermain di kandang sendiri,” ujar Mihajlovic seperti dilansir Football Italia, Minggu.

Bologna bisa memanfaatkan celah di lini pertahanan Milan yang bakal tampil Alessio Romagnoli yang terkena skorsing. Ricardo Orsolini dan Erick Pulgar berpotensi menjadi ancaman karena sama-sama telah mengemas enam gol sejauh ini. Milan sendiri tengah mencari momentum bangkit seusai kalah di dua laga terakhir saat melawan Lazio (0-1) dan Torino (0-2). Kekalahan dari dua rival langsung untuk tiket ke Eropa itu membuat Milan kini melorot ke peringkat tujuh dengan 56 poin dari 34 pertandingan. Mereka tertinggal enam poin dari Atalanta di posisi keempat atau peraih tiket terakhir Liga Champions. Pada Senin (6/5/2019) dini hari WIB, Atalanta menaklukkan salah satu pesaing terdekatnya, Lazio, 3-1 di Stadion Olimpico, Roma.

Masalah Milan makin bertambah karena bomber mereka, Krzysztof Piatek, mandul setelah gagal mencetak gol di empat laga terbaru. Menurunnya performa Piatek berefek langsung dengan produktivitas Milan yang hanya mampu mencetak dua gol dari empat pertandingan terakhir. Namun jika menilik sejarah pertemuan, Milan boleh sedikit lega. Rossoneri cuma kalah sekali dalam 18 laga terakhir melawan Rossoblu di Serie A, 12 di antaranya berbuah kemenangan.