Arsenal Gagal ke Liga Champions dari Jalur Liga Premier

Striker Arsenal Pierre-Emerick Aubameyang - Reuters/John Sibley
06 Mei 2019 03:07 WIB M. Syahran W. Lubis Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Arsenal gagal melaju ke Liga Champions musim depan dari jalur kompetisi domestik setelah meneruskan catatan tak pernah menang di empat laga Liga Premier Inggris terakhir. Harapan Arsenal untuk lolos ke kompetisi terelite di Eropa kini bergantung hasil di Liga Europa.

Dalam pertandingan pekan ke-37 yang berakhir pada Senin (6/5/2019) dini hari WIB, di Stadion Emirates di London, Arsenal ditahan imbang tamunya yang merupakan tim papan bawah, Brighton & Hove Albion, dengan skor 1 - 1.

Kedua gol terjadi dari eksekusi penalti. Yang pertama untuk Arsenal lewat Pierre-Emerick Aubameyang pada menit ke-9 dan dibalas Brighton lewat Glenn Murray pada menit ke-61.

The Gunners dalam tiga pertandingan sebelumnya selalu kalah.

Dengan hanya meraih 1 angka dari empat laga liga terakhir, Arsenal dipastikan maksimal finis di posisi kelima, yakni zona tiket langsung fase grup Liga Europa. Nilai skuat asuhan Unai Emery kini 67. Kalau pun bisa menang di matchday terakhir, nilainya 70, sama dengan Tottenham Hotspur dan Arsenal kalah head to head.

Rentetan kegagalan Arsenal—hanya meraih 1 angka dari empat pertandingan—dan juga Manchester United—hanya meraih 2 angka dalam empat laga terakhir termasuk seri 1 - 1 di kandang Huddersfield Town—pada akhirnya menyelamatkan tiket Tottenham yang sebelumnya sempat terancam melayang.

Padahal, sebenarnya Spurs juga mencatatkan hasil buruk yakni kalah tiga kali dalam empat pertandingan terakhir termasuk ditaklukkan Bournemouth 0 - 1.

Dengan demikian, empat tiket Liga Champions musim depan dimiliki Liverpool yang memimpin klasemen dengan nilai sementara 94, Manchester City 92, Chelsea 71, dan Spurs 70.

Arsenal masih bisa bermain di Liga Champions musim depan asalkan menjuarai Liga Europa. Saat ini, The Gunners baru sampai tahap semifinal menghadapi Valencia. Di leg pertama, Arsenal menang 3-1.

Pekan ke-37 masih menyisakan satu pertandingan lagi yakni juara bertahan Manchester City menjamu Leicester City pada Selasa (7/5/2019) mulai pk. 02.00 WIB.

Hasil pekan ke-37 hingga Senin dini hari WIB: Everton 2 vs Burnley 0; Bournemouth 1 vs Tottenham 0; West Ham 3 vs Southampton 0; Wolverhampton 1 vs Fulham 0; Cardiff 2 vs Crystal Palace 3; Newcastle 2 vs Liverpool 3; Chelsea 3 vs Watford 0; Huddersfield 1 vs MU 1; Arsenal 1 vs Brighton 1.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia