Arsenal Bangkit Berkat Keberhasilan Mengendalikan Perasaan Gugup

Alexandre Lacazette - Reuters/Eddie Keogh
04 Mei 2019 01:57 WIB Chrisna Chaniscara Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Arsenal sukses bangkit dari tiga kekalahan beruntun dengan menumbangkan Valencia dalam leg pertama semifinal Liga Europa di Emirates, Jumat (3/5/2019) dini hari WIB.

The Gunners seperti tengah menjemput kekalahan keempat berturut-turut saat bek Valencia, Mouctar Diakhabi, menjebol gawang Petr Cech pada menit ke-11.

Bagaimana tidak, tiga kekalahan terakhir yakni saat melawan Crystal Palace (2-3), Wolverhampton Wandereres (1-3), dan Leicester City (0-3), semuanya terjadi lantaran tim lawan mencetak gol terlebih dulu. Beruntung kali ini anak asuhan Unai Emery mampu menunjukkan respons yang tepat.

Hanya butuh tujuh menit, Alexandre Lacazette berhasil menyamakan kedudukan setelah melesakkan bola ke gawang yang sudah kosong. Pierre Emerick Aubameyang andil dalam gol itu lewat assist setelah sukses mengecoh kiper Valencia, Neto.

Lacazette kembali mencatatkan skor di menit ke-26 setelah memanfaatkan umpan silang Granit Xhaka. Bola sundulannya sempat ditepis dan membentur tiang sebelum melewati garis gawang. Arsenal akhirnya mengunci kemenangan dengan skor 3-1 lewat tembakan first time dari jarak dekat di menit ke-90. Aubameyang mengakui Arsenal memulai laga tersebut dengan gugup. Itu tak lepas dari tiga kekalahan beruntun sebelum melawan Valencia.

“Saya pikir itu normal, kami hanya manusia. Namun setelah itu kami bereaksi dengan sangat baik,” ujar striker Timnas Gabon itu dilansir BT Sport, Jumat.

Kemenangan 3-1 jelas menjadi bekal apik untuk menjalani leg II di Mestalla, 10 Mei. The Gunners memang amat berhasrat meraih gelar Liga Europa. Trofi di turnamen itu bakal menggaransi posisi mereka di Liga Champions musim depan.

Sejauh ini harapan untuk lolos ke Liga Champions via Liga Premier memang masih mengalami hambatan. Pelatih Arsenal, Unai Emery, meminta anak asuhnya tetap fokus karena masih ada 90 menit di Mestalla. Ini karena gol tandang Los Che, julukan Valencia, di London bisa menjadi pembeda di leg II nanti.

Leg kedua nanti akan sangat sulit dan mungkin bisa berbeda. Saya kira peluang tim masih 50-50,” ucap Emery.

Di laga itu Los Che secara mengejutkan tampil dengan formasi defensif 5-3-2. Sayang taktik itu terbukti tak manjur untuk meredam gelombang serangan The Gunners. Pelatih Valencia, Marcelino Garcia Toral, meyakini timnya masih berpeluang lolos ke babak pamungkas meski kalah di leg I.

“Saya tidak berpikir Arsenal sudah melenggang hari ini. Kami punya optimisme dan semangat. Kami tahu bakal sulit untuk menang 2-0, tapi bukan tak mungkin untuk meraih hasil itu di depan fans kami,” ujar Marcelino dilansir valenciacf.com.

Sumber : JIBI/Solopos