Tanpa Hazard, Chelsea Hanya Tim Biasa

Eden Hazard - Reuters/Eddie Keogh
04 Mei 2019 00:17 WIB Chrisna Chaniscara Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Pelatih Chelsea, Maurizio Sarri, membuat keputusan berani dengan mencadangkan Eden Hazard dalam leg I semifinal Liga Europa melawan Eintracht Frankfurt di Commerzbank-Arena, Jumat (3/5/2019) dini hari WIB. Sang bintang cuma menjadi pemain pengganti saat The Blues memetik hasil imbang 1-1 kontra Frankfurt.

Sarri memilih memasang trisula Olivier Giroud, Pedro, dan Willian, di lini depan. Performa trio ini tak cukup maksimal setelah The Blues justru kebobolan lebih dulu via Luka Jovic lewat skema serangan balik di menit ke-23.

Beruntung, Chelsea mampu menyamakan kedudukan di menit ke-45 melalui Pedro Rodriguez. Masuknya Hazard pada menit ke-61 menggantikan Willian sempat menghidupkan serangan The Blues. Sayang tim tamu tak mampu menambah gol.

“Mari kita mengakui, tanpa Hazard di babak pertama, mereka jadi tim yang biasa saja,” ujar pundit BT Sport yang juga mantan Pelatih Timnas Inggris, Glenn Hoddle.

Sarri ternyata punya alasan tersendiri kenapa menyimpan Si Ular, julukan Hazard, di laga tersebut. Selain pertimbangan strategi, Sarri menilai Hazard perlu diistirahatkan karena telah tampil dalam 10 laga beruntun bersama Chelsea dan Timnas Belgia.

“Untuk seorang pemain, mustahil bermain 70-75 pertandingan dalam satu musim. Hazard butuh istirahat seperti semua pemain lain,” ujar Sarri seperti dilansir espn.com.

Sarri juga mengakui Chelsea sebenarnya bisa membuat lebih dari satu gol dan memenangi laga. Apalagi The Blues dominan dengan penguasaan bola mencapai 67%. Mereka juga tercatat melepaskan 16 tembakan berbanding enam mili Frankfurt. Di awal babak kedua, Chelsea berpeluang berbalik unggul saat Ruben Loftus-Cheek melakukan kerja sama satu-dua dengan Pedro sebelum melepaskan tembakan. Namun bola sepakannya melambung di atas gawang.

Tim tamu kembali nyaris membobol gawang Frankfurt pada menit ke-59. Tendangan bebas David Luiz ditepis Kevin Trapp dan bola hanya membentur mistar gawang. Sarri menilai hasil seri 1-1 di kandang Frankfurt tak terlalu buruk.

Namun, ia menyayangkan kegagalan timnya menambah gol. Dengan hasil imbang, Sarri meminta anak asuhnya tetap waspada saat leg II di Stamford Bridge, 10 Mei.

“Kami punya tiga atau empat kesempatan bagus dan bisa saja mencetak lebih banyak gol. Kami harus berhati-hati pada laga kandang nanti dan bermain dengan mentalitas yang sama seperti yang diperlihatkan di akhir babak pertama dan awal babak kedua. Kami harus mampu menjaga bola dengan baik karena Frankfurt sangat berbahaya,” ungkap manajer asal Italia itu.

Sumber : JIBI/Solopos